Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diminati Usaha Tambang, Penjualan Isuzu D-Max dan MU-X Naik

Kompas.com - 16/08/2023, 08:12 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Isuzu mengatakan penjualan dua produk light commercial vehicle (LCV) Isuzu D-Max dan MU-X meningkat sepanjang sementer 1-2023.

CEO PT Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Anton Rusli mengatakan, dua produk yang telah dilakukan penetrasi tersebut diminati di sektor pertambangan dan perkebunan.

"Penjualan D-Max dan MU-X meningkat karena tahun ini kami cukup agresif melakukan penetrasi dengan peningkatan aktivitas marketing sales, khususnya di segmen mining, vehicle, and plantation sesuai kegunaan LCV 4x4 Isuzu,” kata Anton dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Tambang Nikel dan Dampak Deforestasi

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang semester I-2023, penjualan ritel Isuzu MU-X sebanyak 160 unit atau naik 180 persen dibandingkan periode yang sama 2022 yang hanya 57 unit.

Sementara itu, peningkatan juga terjadi pada D-Max. Sepanjang semester I-2023, Isuzu D-Max terjual 663 unit atau naik 56,7 persen dari sebelumnya sebanyak 423 unit.

Atas hal tersebut, Anton optimistis Astra Isuzu untuk bisa menjual produk sesuai target yang ditetapkan.

Baca juga: Grup Salim Dikabarkan Caplok Saham Emiten Tambang Grup Bakrie

Ia mengatakan, berkat harga komoditas tambang seperti batu bara dan perkebunan seperti kelapa sawit yang masih baik, daya beli masyarakat juga masih stabil.

"Memang, segmen LCV 4x4 ini sangat bergantung khususnya kepada pergerakan komoditas di Indonesia,” ujarnya.

Anton mengatakan, dua LCV Isuzu tersebut menjadi pilihan bagi pelaku usaha pertambangan dan perkebunan kelapa sawit.

Baca juga: Lahan Bekas Tambang jadi Lokasi Budi Daya Lebah Trigona

Sebab, D-Max dan MU-X dikenal sebagai kendaraan tangguh hemat BBM. Ditambah, menggunakan mesin terbaru RZ4E 1900 cc dengan power 150 PS dengan torsi 350 Newton, lebih besar dari mesin sebelumnya 4jK1 yang 2.500 cc dengan 136 PS/320 N.

Terakhir, Area Manager Kalimantan PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Ikang Achmad Mubarok mengatakan, keunggulan tersebut membuat penjualan D-Max dan MU-X di Kalimantan tertinggi di Indonesia.

”LCV paling dominan di Kalimantan. Malah, sepanjang tahun ini, pangsa pasar D-Max di Kalimantan mencapai lima persen dengan rata-rata penjualan 40 unit per bulan, meningkat pesat dibandingkan catatan pada beberapa tahun sebelumnya yang selalu di bawah 1 persen,” kata Ikang.

Baca juga: Harga Patokan Ekspor Komoditas Tambang Naik, Ini Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com