Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siapkan Rp 422,7 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur pada 2024

Kompas.com - 16/08/2023, 15:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih akan berfokus pada program pembangunan di tahun terakhir kepemimpinannya. Hal ini terefleksikan dari usulan anggaran infrastruktur 2024 yang lebih tinggi dari tahun ini.

Kepala negara menyampaikan, pemerintah akan mengalokasikan anggaran infratruktur 2024 sebesar Rp 422,7 triliun. Anggaran ini lebih besar dari anggaran infrastruktur tahun ini sebesar Rp 392 triliun.

"Untuk mendorong produktivitas, mobilitas dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, anggaran infrastruktur dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun," kata dia dalam Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuanganya, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Jokowi Naikkan Gaji ASN, TNI, dan Polri Sebesar 8 Persen

Lebih lanjut Jokowi bilang, anggaran itu akan diarahkan untuk penguatan penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas, peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan.

Selain itu, anggaran infrastruktur juga akan digunakan untuk saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier, penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan, pemerataan akses teknologi Informasi dan Komunikasi; serta mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan IKN.

Baca juga: Jokowi: Anggaran Perlindungan Sosial Capai Rp 3.212 Triliun Sejak 2015

Orang nomor satu RI itu menyebutkan, akselerasi pembangunan infrastruktur ditempuh dengan bauran skema pendanaan, melalui sinergisisi pembiayaan investasi dan belanja Kementerian/Lembaga serta meningkatkan peran swasta.

"Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha yang lebih masif dan berkelanjutan," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Kepemimpinan ke Depan Sangat Menentukan Masa Depan Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com