Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Bisa Bayar Tiket LRT Jabodebek Pakai Ovo dkk Tahun Ini

Kompas.com - 29/08/2023, 15:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek menargetkan pada tahun ini penumpang moda transportasi tersebut bisa melakukan pembayaran tiket menggunakan dompet digital (e-wallet), seperti Dana, Ovo, dan GoPay.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan negosiasi untuk kerjasama pembayaran tiket LRT Jabodebek bersama beberapa penyedia layanan dompet digital.

"Terkait dengan dompet digital yg lainnya, saat ini kami sedang melakukan kerja sama. Tentunya ke depannya kami berharap akan segera bisa terealisasi dengan dompet digital yg lain," ujarnya saat ditemui di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Sementara untuk saat ini metode pembayaran tiket LRT Jabodebek masih terbatas, yaitu menggunakan kartu uang elektronik perbankan, seperti Brizzi, Tap Cash, E-money, BTN, Flazz, dan JakCard, kartu multi trip (KMT) KAI Commuter, QRIS LinkAja, dan KAI Pay.

Baca juga: Hari Pertama Beroperasi, LRT Jabodebek Mengangkut 5.000 Penumpang

Selain itu, masyarakat juga bisa membeli tiket LRT Jabodebek melalui aplikasi Access by KAI. Namun, saat ini pembayaran yang tersedia di aplikasi tersebut hanya KAIPay.

"KAI Access hanya KAIPay. Jadi KAI itu punya sistem pembayaran yang namanya KAIPay," kata dia.

Tapi tidak menutup kemungkinan ke depannya metode pembayaran di aplikasi Access by KAI akan bertambah, mengingat ketika aplikasi ini masih bernama KAI Access sudah melayani pembayaran melalui bank, QRIS, hingga dompet digital.

"Betul (dulu bisa Ovo), kalau sekarang kan kita masih teken kontrak kerja sama dulu, dengan dompet digital itu kan harus kerja sama. Saat ini kami sedang melakukan pendekatan kerja sama dengan mereka. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa menggunakan dompet digital baik itu Dana, Ovo, atau apa pun itu," tuturnya.

Baca juga: Fakta-fakta Peresmian LRT Jabodebek: Habiskan Dana Rp 32,6 Triliun hingga Tarif Promo Rp 5.000

Sebagai informasi, selama pengoperasian awal LRT Jabodebek diberlakukan tarif promo sebesar Rp 5.000 untuk semua rute. Tarif promo yang didiskon 78 persen ini berlaku sampai 30 September 2023.

Kemudian per 1 Oktober 2023 sampai 29 Februari 2024 berlaku tarif promo sebesar Rp 20.000 untuk jarak terjauh sedangkan untuk selain jarak terjauh berlaku di bawah Rp 20.000.

Baca juga: Pengguna KRL Bisa Naik LRT Jabodebek Pakai Kartu Multi Trip

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com