Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bogor Kerja di Jakarta, Transportasi Umum Apa yang Paling Murah?

Kompas.com - 05/09/2023, 10:09 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Banyak pekerja di Jakarta yang tinggal di wilayah sekitar ibu kota itu. Salah satunya di Bogor, sebagai satu dari beberapa kota penyangga Jakarta.

Moda transportasi umum yang nyaman dan terjangkau untuk menuju bekerja tentu menjadi harapan bagi para pekerja yang tinggal di luar Jakarta.

Bagi warga Bogor ada beberapa moda transportasi yang tersedia dan banyak digunakan untuk mobilitas sehari-hari dari dan ke tempat kerja. 

Baca juga: Anggota DPR Protes LRT Jabodebek Tak Sampai Bogor, Ini Respons Menhub

KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai.Kompasianer Widi Kurniawan KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai.

1. KRL Commuter Line

Salah satu moda transportasi yang terjangkau adalah KRL Commuter Line. Moda transportasi ini setiap pagi selalu saja dipadati oleh masyarakat yang ingin menuju ke Jakarta.

Banyak orang rela berdesak-desakan demi bisa sampai di kantor tepat waktu. Berdasarkan pengamatan Kompas.com, beberapa stasiun KRL seperti stasiun Bogor, Depok, dan Manggarai menjadi tempat paling padat saat pagi dan sore.

Sejauh ini, masyarakat masih menganggap moda tranportasi KRL adalah solusi yang paling murah. Warga Bogor cukup mengeluarkan uang antara Rp 5.000 sampai Rp 6.000 saja untuk sampai ke Jakarta.M

isalnya, dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Manggarai hanya Rp 5.000. Sementara jika sampai ke Stasiun Cikini, Stasiun Gondangdia atau Stasiun Kota cukup Rp 6.000 saja.

Baca juga: Perbandingan Naik KRL dan LRT Rute Bekasi, Lebih Cepat dan Murah Mana?

ika menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil bisa parkir di tempat parkir yang tersedia dengan tarif yang harus dibayar maksimal (per malam) adalah Rp 15.000 untuk sepeda motor dan Rp 25.000 untuk mobil.

Untuk parkir motor sekitar 9 sampai 10 jam, berdasarkan pengalaman penulis, cukup bayar Rp 7.000 hingga Rp 8.000. Pembayaran untuk parkir bisa menggunakan kartu uang elektronik.

Selain itu, banyak juga tempat parkir kendaraan yang dioperasikan oleh warga sekitar stasiun. Tarifnya mulai Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Untuk jenis parkir ini, pembayaran hanya menggunakan uang tunai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com