Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh yang Dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia

Kompas.com - 06/09/2023, 11:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia tentu saja adalah Mohammad Hatta atau juga dikenal dengan Bung Hatta.

Mengutip laman Kementerian Koperasi dan UKM, alasan tokoh pejuang yang menjadi Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta karena pemikiran, peran, ceramah, dan tulisannya yang tertuang dalam berbagai karya ilmiah mengenai ekonomi kerakyatan dan koperasi.

Pemikiran Bung Hatta tentang koperasi ia tuangkan dalam buku berjudul Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun yang terbit pada 1971.

Namun meski menjadi pemikir koperasi dan ekonomi kerakyatan di Tanah Air, pria asal Sumatera Barat ini sejatinya bukan pelopor pertama kali koperasi di Indonesia.

Baca juga: Bapak Koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta, Ini Sejarahnya

Koperasi pertama di Indonesia justru lahir dari Aria Wiraatmadja, seorang ningrat asal Banyumas atau Purwokerto. Kala itu, ia mendirikan Hulf Sparbank yang juga merupakan cikal bakal lahirnya Bank BRI saat ini.

Hulf Spark sendiri didirikan dengan tujuan agar para ningrat tidak berhutang ke lintah darat. Selain itu, dengan lembaga keuangan sendiri, bangsawan pribumi tidak terlalu bergantung pada Belanda.

Pada awal-awal politik etis, lembaga keuangan yang didirikan memang dikhususkan untuk kalangan bangsawan. Hal yang sama juga dilakukan Budi Utomo, organisasi para ningrat yang kemudian mendirikan koperasi.

Praktik pembentukan koperasi untuk membantu para anggotanya ini kemudian juga diikuti Syarikat Dagang Islam yang mendirikan koperasi untuk pinjam meminjam anggotanya yang kebanyakan berasal dari pengusaha tekstil pada 1913.

Baca juga: Bapak Koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta, Ini Sejarahnya

Jadi sudah tahu kan tokoh nasional yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta. Semoga informasi ini membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com