BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Logitech

Kembali Jadi Tren, Meeting Hybrid dan Ruang Rapat Minimalis Kian Optimal dengan Teknologi Ini

Kompas.com - 06/09/2023, 17:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perkembangan dunia kerja yang kian dinamis mendorong peningkatan tren sistem kerja hibrida atau hybrid working di sejumlah industri. Hal ini pun menjadikan pertemuan tim (team meeting) tak lagi terbatas pada ruangan fisik di area kantor dan dapat dilakukan dari mana saja.

Untuk diketahui, hybrid working merupakan sistem kerja yang menggabungkan kerja jarak jauh dan bekerja di kantor. Sistem kerja ini cukup populer karena karyawan dapat mengatur waktu dan lokasi kerja secara fleksibel, baik di kantor maupun lokasi lain, termasuk di rumah.

Saat ini, tren hybrid working kembali mengemuka akibat peningkatan polusi udara di Tanah Air, tak terkecuali di ibu kota. Sistem kerja ini dinilai menjadi solusi tepat bagi para pekerja untuk meminimalkan risiko kesehatan akibat polusi.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH). Dalam aturan tersebut, Pemprov DKI menerapkan kebijakan WFH bagi 50 persen ASN dan mengimbau perusahaan swasta untuk mengambil langkah serupa.

Baca juga: Agar Virtual Meeting Minim Gangguan, Berikut 4 Hal yang Wajib Dilakukan

Kebijakan tersebut diharapkan dapat menurunkan sekaligus meminimalkan dampak buruk polusi udara bagi kesehatan masyarakat.

Instalasi dan pemasangan Rally Bar Huddle juga terbilang sangat cepat sehingga praktis digunakan di perkantoran. Hanya dalam hitungan menit, pengaturan awal dapat selesai menggunakan satu kabel untuk pasokan daya dan koneksi jaringan. Dok. Logitech Instalasi dan pemasangan Rally Bar Huddle juga terbilang sangat cepat sehingga praktis digunakan di perkantoran. Hanya dalam hitungan menit, pengaturan awal dapat selesai menggunakan satu kabel untuk pasokan daya dan koneksi jaringan.

Selain itu, kebijakan tersebut pun memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih fleksibel dari lokasi berbeda pada waktu tertentu sehingga meningkatkan jumlah pertemuan hibrida.

Untuk itu, perusahaan perlu menyiapkan infrastruktur dan teknologi mumpuni agar karyawan dapat terhubung, berkolaborasi, serta merasakan kesetaraan dalam hybrid meeting, meskipun berada di ruangan meeting terkecil di kantor.

Berdasarkan data Wainhouse Research, meski permintaan terhadap konferensi video di ruangan terus meningkat, ruangan rapat kecil sering kali belum sepenuhnya dilengkapi dengan fasilitas konferensi video yang mumpuni.

Baca juga: Ingin Tampil Profesional Saat Meeting dengan Klien di Era Hibrida? Simak 3 Tips Berikut

Perusahaan-perusahaan yang memiliki ruang kerja terbatas pun cenderung memanfaatkan huddle room (ruang rapat kecil) ketimbang berinvestasi ke ruangan yang lebih besar. 

Padahal, keputusan tersebut berpotensi menimbulkan kesenjangan sekaligus tantangan yang cukup signifikan. Perusahaan pun kesulitan untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan untuk berkolaborasi secara hibrida lantaran tidak memiliki infrastruktur yang mumpuni.

Tidak hanya itu, sejumlah perusahaan juga enggan berinvestasi pada teknologi konferensi video terbaru. Hal ini disebabkan persepsi lama yang menganggap bahwa fasilitas ini berbiaya tinggi dan kurang efektif diaplikasikan pada huddle room.

Padahal, jika dilengkapi dengan kemampuan audio dan video berkualitas tinggi, huddle room berfungsi secara optimal yang praktis digunakan. Dengan begitu, perusahaan dapat memaksimalkan produktivitas di tengah peningkatan tren hybrid working

Baca juga: Logitech Rilis Keyboard Wireless Tipis K580 dan MK470 di Indonesia, Harganya?

Inovasi teknologi cerdas berbasis AI

Merespons kebutuhan tersebut, Logitech menghadirkan Logitech Rally Bar Huddle sebagai solusi praktis untuk menghadirkan pengalaman rapat hibrida yang lebih setara dalam skala kecil.

Sistem yang dimiliki Rally Bar Huddle pun telah kompatibel dengan sebagian besar platform yang digunakan untuk menghubungkan tim secara hibrida, mulai dari Google Meet, Zoom, hingga Microsoft Teams. Dok. Logitech Sistem yang dimiliki Rally Bar Huddle pun telah kompatibel dengan sebagian besar platform yang digunakan untuk menghubungkan tim secara hibrida, mulai dari Google Meet, Zoom, hingga Microsoft Teams.

Dengan ukuran bar ringkas, yakni 55 cm, perangkat yang dapat memuat hingga enam peserta itu dapat dipasang pada layar, meja, atau dinding, sesuai tata letak ruangan. 

Berkat inovasi tersebut, para pekerja yang mengikuti rapat dari jarak jauh kini tidak lagi dihadapkan dengan kualitas gambar ruangan yang rendah dan suara yang kurang jelas.

Para pekerja akan mendapatkan kualitas audio lebih tajam serta video jernih berkat hardware generasi terbaru dan teknologi cerdas artificial intelligence (AI) yang tersemat pada Logitech Rally Huddle.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Logitech G Cloud Gaming, Konsol Handheld Pesaing Switch

Dari aspek audio, suara yang keluar akan direkam oleh enam mikrofon beamforming. Kualitas mikrofon ini semakin andal berkat teknologi optimalisasi audio RightSound. Pasalnya, teknologi berbasis AI yang bekerja secara otomatis ini mampu meredam kebisingan dari lingkungan sekitar.

Adapun audio dari pekerja yang berada di lokasi terpisah secara langsung diproyeksikan ke dalam huddle room melalui speaker ported full-range. Berkat speaker ini, suara yang dihasilkan pembicara menjadi lebih jernih. 

Sementara, dari aspek video, kamera Rally Bar Huddle mampu menghasilkan video berkualitas 4K yang dapat bergerak miring serta memperbesar tampilan secara otomatis.

Untuk diketahui, kamera tersebut menyediakan dua mode tampilan. Pertama, Speaker View atau Tampilan Pembicara. Mode ini dapat mendeteksi serta menampilkan pembicara aktif sekaligus menampilkan seluruh ruangan.

Baca juga: Inikah Wujud Logitech G Gaming Pesaing Nintendo Switch?

Kedua, Grid View atau Tampilan Kisi. Mode ini memberikan representasi setara kepada setiap peserta dengan mendeteksi wajah dan memperbesar tampilan setiap peserta untuk memberikan bingkai mereka sendiri.

Tidak hanya itu, instalasi dan pemasangan Rally Bar Huddle juga terbilang sangat cepat sehingga praktis digunakan di perkantoran. Hanya dalam hitungan menit, pengaturan awal dapat selesai menggunakan satu kabel untuk pasokan daya dan koneksi jaringan.

Sistem yang dimiliki Rally Bar Huddle pun telah kompatibel dengan sebagian besar platform yang digunakan untuk menghubungkan tim secara hibrida, mulai dari Google Meet, Zoom, hingga Microsoft Teams.

Solusi tersebut memastikan pengalaman kerja yang lebih mulus untuk melakukan pertemuan, obrolan, brainstorming, dan presentasi, baik dari rumah, kantor, maupun lokasi lain.

Baca juga: Logitech G Pro X Superlight Pink, Mouse Gaming Canggih yang Cocok Jadi Kado Valentine

Tim informasi dan teknologi (IT) di setiap perusahaan pun dimudahkan dalam mengelola, merawat, dan mengontrol sistem melalui sistem operasi Windows ataupun Chrome OS. 

Logitech Rally Bar Huddle sudah termasuk software berbasis cloud, Logitech Sync, guna memudahkan manajemen perangkat serta pembaruan yang dapat dilakukan secara jarak jauh.

Guna mendukung penerapan sistem kerja modern di masa mendatang, Logitech Rally Bar Huddle dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk menyatukan kehadiran orang-orang dalam skala kecil, baik yang hadir secara langsung maupun jarak jauh secara hibrida.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Logitech Rally Bar Huddle, klik tautan berikut.

 

 

 

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com