Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Bisa Diakses, Kapan Laman SSCASN Dibuka?

Kompas.com - 15/09/2023, 11:20 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Sejauh ini, laman pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023, belum bisa diakses.

Nantinya, seluruh pelamar CASN 2023, baik CPNS maupun PPPK wajib membuat akun SSCASN di laman tersebut.

Akun SSCASN ini akan digunakan selama proses seleksi, dari pendaftaran hingga pengusulan penetapan nomor identitas pegawai (NIP).

Lantas, kapan portal SSCASN bisa diakses oleh masyarakat?

Baca juga: Semua Pelamar CPNS 2023 Wajib Buat Akun Baru SSCASN, Ini Caranya

Pembukaan laman SSCASN 2023

Berdasarkan informasi resmi, direncanakan portal SSCASN akan dibuka tepat dengan pendaftaran CPNS dan PPPK tahun ini, pada 17 September 2023.

“Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya,“ ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen, Kamis (14/9/2023).

Hingga artikel ini ditayangkan, terdapat informasi bahwa laman pendaftaran SSCASN 2023 belum dibuka.

Dalam pengumuman terbaru yang dirilis BKN hari ini, Minggu (17/9/2023), pendaftaran CASN baik CPNS maupun PPPK resmi diundur pada 20 September mendatang.

Baca juga: Ini Jadwal Terbaru CPNS dan PPPK 2023

Merujuk seleksi CASN tahun lalu, dalam pendaftaran akun SSCASN dibutuhkan sejumlah data pribadi seperti nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), alamat e-mail, hingga nomor handphone.

Untuk diketahui, saat ini terdapat fitur baru di SSCASN yang berisikan informasi mengenai posisi jabatan yang dibuka hingga gaji yang akan diterima.

Dalam pelaksanaan rekrutmen CASN 2023, hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) akan diterbitkan dalam bentuk sertifikat yang berlaku sampai dengan seleksi pengadaan PNS satu periode berikutnya. 

Sertifikat SKD ini bisa diunduh oleh yang bersangkutan melalui laman https://sertificat.bkn.go.id.

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah mengalokasikan sebanyak 572.299 formasi CASN, yang terdiri dari 78.862 formasi di instansi pusat dan 493.437 formasi di instansi daerah.

Baca juga: BKN Tambah 3 Fitur Baru di SSCASN, Apa Saja?

Baca juga: Cara Daftar Akun SSCASN untuk CPNS dan PPPK 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com