Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Pertahanan Ajukan PMN Rp 1,75 Triliun, Buat Apa?

Kompas.com - 20/09/2023, 19:42 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk holding BUMN pertahanan, PT Len Industri (Persero) mengajukan penyertaan modal negara (PMN) tahun anggaran 2023 sebesar Rp 1,75 triliun. Anggaran PMN tersebut akan digunakan untuk pengembangan industri pertahanan BUMN.

"Dapat kami sampaikan di sini pertama PMN tunai dengan nilai Rp 1,75 triliun," kata Direktur Utama Len Industri Bobby Rasyidin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Bobby mengatakan, PMN tersebut akan dimanfaatkan Len Industri untuk membangun pengembangan industri radar nasional sebesar Rp 367 miliar, PT Pal Indonesia untuk peningkatan kapasitas produksi melalui akuisisi galangan kapal baru dan perbaikan atau upgrade fasilitas Rp 427 miliar.

Baca juga: Kemenkeu: WIKA akan Dapat PMN Rp 6 Triliun

Kemudian PT Pindad untuk pengembangan produksi munisi kaliber kecil (MKK), Mediun Tank, dan Kendaraan Tempur, dan PT Digantara untuk peningkatan produksi pesawat CN235, pesawat N129, dan revitalisasi fasilitas pendukung.

"Sehingga total PMN Rp1,75 triliun," ujarnya.

Lebih lanjut, Bobby mengatakan, pihaknya juga mengajukan PMN non tunai sebesar Rp 456,25 miliar. Adapun anggaran ini berasal dari konversi piutang.

Ia berharap PMN tunai dan non tunai dapat meningkatkan kemandirian dan mendukung pertahanan nasional.

"Adapun peruntukkannya untuk Len Industri Rp 32,06 miliar, Pal Indonesia Rp 157,45 miliar, dan Pindad Rp 266,74 miliar," ucap dia.

Baca juga: Kemenkeu Sebut InJourney Perlu PMN Rp 1,01 Triliun, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com