Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Binaan BTN Perkenalkan Produk di China

Kompas.com - 21/09/2023, 19:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan perseroan menjual produk lokal ke pasar China.

Langkah tersebut menjadi salah satu bagian dari strategi BTN mendukung pemerintah termasuk Kementerian BUMN membawa UMKM menembus pasar global.

Adapun, UMKM yang dikirim BTN ke China merupakan binaan dari Rumah BUMN BTN KC Yogyakarta. Rumah BUMN merupakan wadah untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya.

Baca juga: Sandiaga Minta Masukan dari UMKM Soal TikTok Shop

Ilustrasi UMKM. SHUTTERSTOCK/HANANEKO_STUDIO Ilustrasi UMKM.

Pelaku UMKM tersebut memamerkan produk unggulannya melalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023 di Nanning Internasional Conference and Exhibition.

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan produk yang dijual UMKM binaan BTN yakni perlengkapan rumah tangga berbahan dasar eceng gondok serta daun pandan. Selain itu, UMKM tersebut juga menjual tas dengan teknik pewarnaan kain alami.

“Kami mengapresiasi Kementerian BUMN yang mewadahi para UMKM untuk Go China. Kami berharap upaya ini dapat membuat produk UMKM Indonesia juga diminati di pasar China, terutama karena keunikan dan kreativitasnya,” jelas Ramon dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9/2023).

Selain pembinaan untuk UMKM, BTN juga menyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dukungan BTN bagi para wiraswasta melalui KUR terpantau dari lonjakan penyaluran KUR sebesar 123,10 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) per Juni 2023.

Baca juga: 69 Persen UMKM Masih Biayai Usahanya Sendiri dan Modal dari Keluarga

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, menyebutkan bahwa keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan agar target ekspor tercapai.

“Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi UMKM untuk melakukan business matching dengan pengusaha dari berbagai negara di ASEAN, tentunya ini bisa membantu UMKM semakin melebarkan sayapnya di pasar global,” jelas Arya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com