Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendadak Batuk, Erick Thohir Bandingkan Udara Jakarta dengan IKN

Kompas.com - 27/09/2023, 18:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendadak batuk-batuk saat mengikuti kegiatan "Gotong Royong Boyong Pohon" dengan menanam pohon di halaman Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Ketika menyempatkan diri bertemu dengan wartawan, Erick yang nampak sehat dan segar saat berbincang dengan awak media tersebut mendadak batuk-batuk.

Pembicaraan pun berhenti seketika karena Erick berupaya meredakan batuknya terlebih dahulu, dan tak berselang lama melanjutkan pembicaraannya.

Baca juga: PUPR Kebut Pembangunan Rumah Jabatan Menteri di IKN

Ia pun berkelakar bahwa batuk yang mendadak itu disebabkan oleh perbedaan kualitas udara Jakarta dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang masih sangat segar dan bersih.

"Ini udara nih (di Jakarta), dari IKN segar, ini agak (polusi)," ucap Erick yang disambut tawa oleh awak media.

Adapun kegiatan sosial 'Gotong Royong Boyong Pohon' merupakan bagian program Kementerian BUMN yang betujuan mengurangi polusi udara di Jakarta. Ada 100.000 pohon yang ditanam oleh BUMN di kawasan Jabodetabek.

Seluruh BUMN yang memiliki lahan diminta untuk memulai penanaman pohon secara serentak, dimulai sejak 27 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Menurut Erick, gerakan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokow) baru-baru ini yang menekankan perlunya upaya nyata untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Perusahan-perusahaan diminta untuk menanam pohon sebanyak mungkin di lingkungan perkantoran sebagai langkah preventif untuk mengurangi dampak negatif pencemaran udara.

"Ini adalah tindakan nyata dari kita semua, yang harus dimulai oleh insan BUMN, untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta. Saya yakin bahwa program ini akan efektif dalam upaya mengurangi polusi udara, berdasarkan prinsip kolaboratif," ujar Erick

Baca juga: Erick Thohir Angkat Purnawirawan TNI AL Jadi Komisaris Pertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com