Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kekayaan Duo Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin

Kompas.com - Diperbarui 27/09/2023, 21:34 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Tampilan doodle di laman utama Google.com hari ini, Rabu (27/9/2023), juga turut dihiasi pita ulang tahun.

Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, keduanya bertemu di Universitas Stanford pada 1995 sebagai mahasiswa pasca-sarjana.

Dilansir dari Britannica, Larry Page dan Sergey Brin tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet.

Baca juga: Bahaya Akses Data Pribadi pada Pinpri

Duo pendiri Google ini mulai bekerja dari kamar asrama Page di Stanford untuk merancang jenis teknologi pencarian terbaru, yang mereka beri nama BackRub.

Pada pertengahan 1998, Brin dan Page mulai menerima pendanaan dari luar. Salah satu investor pertama mereka adalah Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems, Inc..

Mereka akhirnya mengumpulkan sekitar 1 juta dollar AS dari investor, keluarga, dan teman-teman dan membangun tempat di Menlo Park, California, dengan nama Google.

Baca juga: Pemerintah: Pemilik Toko Kelontong Jangan Takut Berutang, buat Modal Naik Kelas

Profil Larry Page

Larry Page yang bernama lengkap Lawrence Edward Page, lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat.

Dikutip dari Achievement, ayah Larry Page adalah seorang profesor ilmu komputer di Michigan State University. Selain itu, ibunya, Gloria, juga mengajar pemrograman komputer di sana.

Rumah keluarga Page penuh dengan komputer pribadi dan majalah ilmiah generasi pertama. Kakak laki-lakinya, Carl Page, diketahui juga menjadi pengusaha internet yang sukses.

Page memulai pendidikan tingkat dasarnya di sekolah Montessori, dan kemudian melanjutkan ke sekolah menengah East Lansing.

Baca juga: Link PDF Formasi PPPK 2023 di Kementerian PUPR

Setelah lulus, Page memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, yakni ke jenjang Sarjana di Universitas Michigan.

Page akhirnya mendapatkan gelar Sarjana atau Bachelor of Science di bidang teknik dari Universitas Michigan. Dia adalah seorang siswa berprestasi di Universitas Michigan.

Setelah lulus, ia memulai studi pasca-sarjana di bidang ilmu komputer di Stanford University di Palo Alto, California. Di sanalah dia pertama kali melakukan proyek penelitian dengan menganalisis pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web.

Di Stanford juga dia pertama kali bertemu dengan seorang mahasiswa pascasarjana ilmu komputer Sergey Brin dan merekrutnya untuk bergabung dengan proyek penelitiannya.

Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di internet.

Baca juga: Turunkan Kemiskinan, RAPBN Perlindungan Sosial Dinaikkan Jadi Rp 493.494,1 Miliar

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com