Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Lepas Semua Saham di AXA Insurance, tapi Tetap Kerja Sama Bancassurance

Kompas.com - 05/10/2023, 10:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT AXA Insurance Indonesia. Meski tak lagi punya saham, Bank Mandiri tidak akan mengakhiri kerja sama bancassurance dengan AXA Insurance Indonesia.

Bank Mandiri melepas 20 persen saham di perusahaan asuransi yang dulunya bernama PT Mandiri AXA General Insurance.

Secara rinci, sisa 138.000 saham milik Bank Mandiri dilepas ke dua pemegang saham, yakni Anil Panjwani dan Manoj Ramkrashin Tolani. Masing-masing mendapat 69.000 saham atau sekitar 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor milik AXA Insurance Indonesia.

Baca juga: AXA Mandiri Cetak Laba Bersih Rp 1,17 Triliun pada 2022

Ilustrasi asuransi kesehatan. SHUTTERSTOCK/VALERI LUZINA Ilustrasi asuransi kesehatan.

“Setelah dilakukan pengalihan saham tersebut, maka selanjutnya perseroan tidak lagi memiliki saham di AXA Insurance Indonesia,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (5/10/2023).

Rudi mengungkapkan langkah divestasi ini merupakan bagian strategi dari Bank Mandiri dalam memperkuat konsolidasi perusahaan anak di Bank Mandiri Group.

Baca juga: Bank Mandiri Lepas 20 Persen Saham di AXA Insurance, Dua Orang Ini Jadi Penggantinya

"Untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal," ujarnya.

Sebagai informasi, Bank Mandiri sebelumnya sudah pernah mengurangi kepemilikan saham di perusahaan asuransi tersebut. Di mana, pada November 2018, Bank Mandiri telah melepas 40 persen kepemilikan sahamnya.

Baca juga: AXA Financial Indonesia Luncurkan Produk Unit Link AXA Link Protector, Apa Manfaatnya?

Meski telah ada transaksi divestasi ini, Rudi memastikan bahwa itu tidak akan mengakhiri kerjasama bancassurance dengan AXA Insurance Indonesia. Ditambah, itu juga tidak memiliki dampak pada kerjasama dengan perusahaan AXA Group lainnya, PT AXA Mandiri Financial Services. (Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat)

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Lepas Semua Saham di AXA Insurance, Bank Mandiri Tetap Kerjasama Bancassurance

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com