Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPO Barito Renewables Energy "Oversubscribed" 135,2 Kali

Kompas.com - 06/10/2023, 14:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Proses Penawaran Umum Perdana Saham (Initial Public Offering/IPO) PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribe 135,2 kali selama masa book building.

PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) sebagai lead underwriter tunggal mencatatkan, kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari 135 kali dari total porsi minimum pooling awal yang disyaratkan pada penawaran umum pada 3-5 Oktober 2023.

Dalam IPO tersebut, BREN mengantongi dana segar sebesar Rp 3,1 triliun.

Baca juga: Rekor, Pasar Modal Indonesia Catat Jumlah IPO Tertinggi Sepanjang Masa

 

Direktur Investment Banking BNI Sekuritas Nieko Kusuma mengungkapkan, minat investor yang tinggi telah terlihat sejak masa book building yang berlanjut sampai periode penawaran umum.

“Kami merasa senang atas tingginya antusiasme para investor untuk mendukung BREN agar dapat melantai di Bursa Efek Indonesia. Lebih dari 50.000 investor telah berpartisipasi dalam mendorong terciptanya ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan berlandaskan pada prinsip Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG),” kata Nieko dalam siaran pers Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak, Siapkan Hal-hal Ini jika Mau Beli Saham IPO

BREN menerbitkan 4,01 miliar lembar saham baru atau sebesar 3 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana, dengan harga penawaran sebesar Rp 780 per saham. IPO ini membuat BREN menjadi perusahaan sektor energi terbarukan dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di BEI.

Mengutip prospektus, dana yang diperoleh dari IPO setelah dikurangi seluruh biaya emisi saham nantinya akan digunakan oleh Perseroan untuk penyetoran modal kepada afiliasi perseroan, Star Energy Group Holding Pte Ltd. Pemberian modal tersbut sebagai upaya mendukung rencana penerbitan saham baru Star Energy Group.

Baca juga: Genjot Kinerja, BTN Fokus Lakukan Transformasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com