Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA SEHAT

Kembangkan Program Warung Sehat, Kimia Farma Gandeng Pemprov Lampung

Kompas.com - 13/10/2023, 16:31 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Kimia Farma Apotek (KFA) meluncurkan Warung Sehat dan Program Aplikasi Sehat Berjaya di Desa Raman Endra, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, pada Kamis (12/10/2023). Program ini merupakan buah kolaborasi KFA dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Warung Sehat merupakan toko obat milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kehadiran Warung Sehat diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh produk kesehatan.

Direktur Utama KFA Agus Chandra menyampaikan bahwa peluncuran Warung Sehat juga bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta pemerataan layanan kesehatan.

“Sesuai arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), KFA sebagai BUMN Holding Farmasi bertugas memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di mana pun berada supaya masyarakat Indonesia selalu sehat,” jelas Agus seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Gencar Lakukan Transformasi Digital, Kimia Farma Apotek Raih Peringkat Pertama pada Tokopedia Top Seller Fest 2023

Adapun Warung Sehat, lanjut dia, merupakan program kolaborasi pertama KFA dengan pemerintah daerah (pemda).

“Semoga program Warung Sehat di Lampung dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ucap Agus.

Sebagai informasi, Warung Sehat juga terintegrasi dengan Link Sehat Berjaya milik Pemprov Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) serta Dinas Kesehatan (Dinkes).

Link Sehat Berjaya merupakan layanan berbasis web yang disediakan Pemprov Lampung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat desa di Provinsi Lampung.

Program Warung Sehat menjadi salah satu upaya KFA dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh produk kesehatan. Kimia Farma Apotek Program Warung Sehat menjadi salah satu upaya KFA dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh produk kesehatan.

Salah satu layanan dari Link Sehat Berjaya adalah konsultasi kesehatan melalui live chat yang terintegrasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

Lewat Link Sehat Berjaya, masyarakat juga dapat berkonsultasi dengan apoteker Kimia Farma yang siap memberikan layanan 24 jam.

Setelah berkonsultasi, warga juga dapat menebus obat atau produk kesehatan sesuai rujukan dokter ke Apotek Kimia Farma atau Warung Sehat yang direkomendasikan.

“Link Sehat Berjaya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk kesehatan yang tersedia di Warung Sehat dan Apotek Kimia Farma dengan model hub and spoke,” ucap Agus.

Baca juga: Strategi Bisnis Kimia Farma Apotek 2023, Tambah 100 Outlet, Buka Klinik Virtual hingga Jual Produk Kecantikan

Sebagai informasi, pada peluncuran program tersebut juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman serta perjanjian kerja sama terkait pengembangan gerai Warung Sehat di Provinsi Lampung, kerja sama pengelolaan perbekalan kefarmasian antara KFA dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek, kerja sama Mitra Warung Sehat Binaan Kimia Farma, serta kerja sama layanan kesehatan masyarakat melalui Link Sehat Berjaya.

Adapun acara itu dihadiri oleh Gubernur Provinsi Lampung, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri, Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Bupati Lampung Timur, jajaran Direksi KFA, serta pejabat Pemprov Lampung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com