Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 300.000

Kompas.com - 14/10/2023, 19:26 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai menjual tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk keberangkatan mulai 18 Oktober 2023. 

Pada awal penjualannya, KCIC memberikan tarif diskon dan menggratiskan tiket kereta pengumpan (KA Feeder) dengan titik pemberhentian di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung.

Perjalanan KA Feeder ini jadwalnya sudah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Kereta Cepat Whoosh.

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, promo ini diberikan untuk memperkenalkan layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung kepada masyarakat sehingga masyarakat tertarik dan menggunakan Whoosh untuk kebutuhan bertransportasi.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di aplikasi Whoosh - Kereta Cepat, harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung dibanderol Rp 300.000 untuk semua rute.

Namun pada aplikasi tersebut, tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang bisa dipesan barulah untuk yang kelas premium ekonomi sedangkan kelas bisnis dan first class masih belum tersedia di aplikasi.

Baca juga: KCIC Dukung Kereta Cepat Dilanjutkan hingga Surabaya

Dengan demikian, harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp 300.000 merupakan untuk tiket kelas premium ekonomi.

"Penetapan kebijakan tarif tersebut dilakukan melalui berbagai studi, survei, dan melihat fenomena serta kebutuhan di masyarakat," ujar Eva dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10/2023).

Masyarakat dapat memesan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung melalui website ticket.kcic.co.id, vending machine di stasiun, dan loket stasiun.

Baca juga: KCIC Dukung Kereta Cepat Dilanjutkan hingga Surabaya

Sementara untuk pemesanan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat dan aplikasi lain seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking akan dimulai pada 17 Oktober 2023 bertepatan dengan acara peresmian pengoperasian perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar secara langsung dari China.

Adapun rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dilayani saat ini ialah Stasiun Halim-Padalarang dan sebaliknya serta Stasiun Halim-Tegalluar.

Tidak hanya promo tiket, KCIC juga akan memberikan promo-promo seperti diskon rombongan, diskon lansia, paket perjalanan yang bekerja sama dengan lokasi wisata, hotel, penyelenggara event dan lainnya.

Baca juga: Sinyal Internet di Kereta Cepat Tidak Stabil, KCIC Bakal Sediakan WiFi

"Ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada para penumpang Whoosh dan memberikan kemudahan pada saat menggunakan Kereta Cepat Whoosh," ucapnya.

Hingga saat ini sudah terdapat sekitar 4.800 kursi yang dipesan untuk perjalanan grup atau rombongan melalui permohonan resmi.

Baca juga: Kereta Cepat Dilanjutkan ke Surabaya, Menko Airlangga: Tanggung kalau Hanya sampai Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com