Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun, Utang Luar Negeri Indonesia Jadi 395,1 Miliar Dollar AS per Agustus 2023

Kompas.com - 16/10/2023, 11:41 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai utang luar negeri (ULN) Indonesia mencapai 395,1 miliar dollar AS pada Agustus 2023. Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya sebesar 396,4 miliar dollar AS.

"Utang luar negeri Indonesia pada Agustus 2023 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Secara tahunan, nilai ULN RI juga menyusut. Erwin menyebutkan, ULN nasional turun sekitar 0,8 persen dari posisi 397,1 miliar dollar AS. Penurunan itu lebih dalam dari kontraksi bulan sebelumnya sebesar 0,7 persen secara tahunan.

Baca juga: Duduk Perkara Utang Ratusan Miliar Rupiah yang Bikin Perusahaan JK Kapok Kerja Sama dengan Waskita

"Penurunan posisi ULN ini bersumber dari ULN sektor publik dan swasta," kata Erwin.

Tercatat posisi ULN pemerintah di akhir Agustus sebesar 191,6 miliar dollar AS. Nilai ini turun dari bulan sebelumnya sebesar 193,2 miliar dollar AS. Namun demikian, nilai utang itu masih tumbuh 3,6 persen secara tahunan.

Erwin menjelaskan, perkembangan ULN tersebut dipengaruhi oleh perpindahan penempatan dana investor nonresiden pada pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik seiring dengan volatilitas di pasar keuangan global yang tinggi.

"Pemerintah berkomitmen tetap menjaga kredibilitas dengan memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang secara tepat waktu, serta mengelola ULN secara hati-hati, efisien, dan akuntabel," tutur Erwin.

Bank sentral menilai, posisi ULN pemerintah masih terjaga. Hal ini terefeksikan dari porsi utang tenor jangka panjang yang mencapai 99,9 persen dari total ULN pemerintah.

Sementara itu, posisi ULN swasta tercatat sebesar 194,3 miliar dollar AS. Nilai ini turun tipis dari bulan sebelumnya sebesar 194,5 miliar dollar AS. Jika dilihat secara tahunan, ULN swasta juga terkontraksi, yakni sebesar 5,2 persen.

Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Capai 396,4 Miliar Dollar AS, Turun Dibandingkan Tahun Lalu

Penurunan itu utamanya disebabkan oleh makin dalamnya kontraksi pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations) menjadi 5,1 persen secara tahunan dibandingkan dengan kontraksi 4,3 persen secara tahunan pada periode sebelumnya.

Posisi ULN swasta juga dinilai masih terjaga oleh bank sentral. Tercatat ULN swasta tetap didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 74,9 persen terhadap total ULN swasta.

Dengan melihat berbagai perkembangan tersebut, BI menilai, ULN Indonesia tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang turun menjadi 29,1 persen, dari 29,2 persen pada bulan sebelumnya, serta didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 87,4 persen dari total ULN.

"Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya," ucap Erwin.

Baca juga: Kala Jokowi Enggan Tanggapi soal Utang Proyek Kereta Cepat ke China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com