Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 300.000 untuk Premium Economy, Bagaimana dengan Business dan First Class?

Kompas.com - 17/10/2023, 11:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) telah menerapkan tiket berbayar untuk kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung mulai 18 Oktober 2023.

Namun, pada aplikasi Whoosh hanya ada tiket kelas Premium Economy seharga Rp 300.000 untuk semua rute dan termasuk tiket KA Feeder.

Lalu bagaimana dengan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung untuk kelas business dan first class?

Saat dikonfirmasi, GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp 300.000 memang hanya untuk kelas Premium Economy.

Baca juga: Hamburkan Miliaran Dollar, Proyek Kereta Cepat AS Kini Malah Mangkrak

Tarif tersebut merupakan tarif promo,  penumpang bisa mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh kelas Premium Economy sekaligus gratis tiket KA Feeder dengan tujuan Stasiun Bandung.

"Ya betul kelas Premium," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (16/10/2023).

Sementara untuk harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung business dan first class, dia menyebut, KCIC masih belum mengumumkannya ke publik.

Pasalnya saat ini tiket Whoosh yang business dan first class masih belum dijual untuk umum karena kelas layanan ini bersifat segmented dan jumlah kursinya terbatas.

"Untuk tiket kelas Business dan First Class memang belum kita buka untuk umum," kata Eva.

Kendati demikian, dia bilang, tiket Whoosh untuk business dan first class sudah terpesan untuk perjalanan dengan layanan grup atau rombongan.

"Kami akan segera informasikan tarif business dan first class," tuturnya.

Pada keterangan resmi Sabtu (14/10/2023), Eva menyebut, sudah terdapat sekitar 4.800 kursi yang dipesan untuk perjalanan grup atau rombongan melalui permohonan resmi.

Sebagai informasi, masyarakat saat ini sudah dapat memesan tiket kereta cepat Jakarta Bandung untuk keberangkatan mulai 18 Oktober 2023.

Baca juga: Erick Thohir: INKA Berpeluang Terlibat di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat dipesan melalui website ticket.kcic.co.id, vending machine di stasiun, dan loket stasiun.

Sementara untuk pemesanan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat dan aplikasi lain seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking akan dimulai pada 17 Oktober 2023 bertepatan dengan acara peresmian pengoperasian perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar secara langsung dari China.

Adapun rute Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung yang dilayani saat ini ialah Stasiun Halim-Padalarang dan sebaliknya serta Stasiun Halim-Tegalluar dengan 14 perjalanan Kereta Cepat Whoosh setiap harinya.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Tidak Berhenti di Karawang, Simak Rute Terbaru Saat Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com