Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Bank Konvensional Rambah Bisnis Fintech, Konsumen Makin Untung?

Kompas.com - 17/10/2023, 09:57 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri keuangan diperkirakan akan semakin inovatif dalam pengembangan produk-produk keuangan digital yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Di sisi lain, kolaborasi antara perbankan dan platform teknologi finansial atau fintech juga semakin banyak.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan, saat ini semakin banyak bank yang meluncurkan produk-produk digital, yang sudah lebih dulu dirilis oleh fintech.

Baca juga: 4 Bank ini Punya Produk Paylater, Simak Bunga dan Promonya

Ilustrasi transaksi dalam akuntansi. Aktivitas perusahaan atau badan usaha yang dapat diukur dengan menggunakan satuan moneter disebut transaksi.Dok. Shutterstock/ Rawpixel.com Ilustrasi transaksi dalam akuntansi. Aktivitas perusahaan atau badan usaha yang dapat diukur dengan menggunakan satuan moneter disebut transaksi.

Salah satu contohnya adalah produk Buy Now Pay Later (BNPL) alias Paylater. Paylater pada awalnya merupakan produk fintech, tetapi kini juga menjadi layanan andalan bagi perbankan.

"Paylater ini basisnya dari layanan kartu kredit atau kredit tanpa agunan (KTA) yang kemudian disimulasikan dalam format digital. Produk yang awalnya diperkenalkan oleh fintech tersebut kemudian menjadi contoh bagi perbankan," ujar Amin dalam siaran pers Senin (16/10/3023).

Amin mengatakan, saat ini perbankan berlomba-lomba meluncurkan produk inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kondisi ini juga didukung oleh kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui aturan yang memgizinkan perbankan untuk merilis produk digital secara lebih luas.

Baca juga: Bank Digital Bukan Sekadar Layanan Digital Banking

Amin menilai, melalui inovasi digital, perbankan kini bisa menyimulasikan berbagai layanan jasa perbankan ke dalam produk digital, seperti kredit, simpanan, dan lain sebagainya.

“Inovasi produk yang memenuhi kebutuhan konsumen akan terus muncul dan menguat. Lembaga keuangan, baik bank maupun fintech, akan terus melakukan inovasi untuk bisa berdaya tahan dan adaptif di tengah persaingan yang ketat di era digital,” tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com