Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Pembiayaan BTPN Syariah Mencapai Rp 11,9 Triliun di Kuartal III-2023

Kompas.com - 19/10/2023, 12:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) mencatatkan jumlah penyaluran pembiayaan kepada masyarakat inklusi mencapai Rp 11,9 triliun pada kuartal III-2023.

Direktur Keuangan BTPN Syariah Fachmy Achmad mengatakan, hal tersebut dicapai seiring penerapan strategi yang dilakukan oleh perseroan.

Dia bilang, berbagai program apresiasi berkelanjutan dilakukan untuk membangun kembali empat perilaku unggul nasabah, yakni BDKS (Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu), di mana semua ini menjadi kunci sukses berjalannya model bisnis pembiayaan Bank.

Salah satu yang dilakukan yakni memberikan insentif bagi anggota sentra yang memiliki tingkat kehadiran 90 persen di kumpulan atau Pertemuan Rutin Sentra (PRS) setiap dua minggu sekali dan membayar angsuran tepat waktu.

Baca juga: BTPN Syariah Bukukan Laba Bersih Rp 425 Miliar di Kuartal I-2023

“BTPN Syariah mencatatkan rasio- rasio yang sehat, dengan return of asset (RoA) 7,8 persen serta rasio kecukupan modal (CAR) pada 49,7 persen atau di atas ketentuan dan rata-rata industri bank syariah,” kata Fachmy dalam siaran pers, Kamis (19/20/2023).

“Sementara, penyaluran pembiayaan kepada masyarakat inklusi mencapai Rp 11,9 triliun dan mampu mencatatkan laba bersih setelah pajak mencapai Rp 1.004 miliar,” tambahnya.

Fachmy mengatakan, BTPS juga melibatkan lebih banyak pihak dalam program pendampingan sebagai wujud komitmen manajemen dalam memperluas akses pengetahuan bagi masyarakat inklusi.

Baca juga: BTPN Syariah Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris, Simak Susunan Barunya

Tercatat, lebih dari 1.600 mahasiswa dari 258 universitas di 20 provinsi di Indonesia terlibat menjadi fasilitator dalam program Bestee Tepat (Bersama Berdaya Sahabat Tepat Indonesia).

Nantinya, Bank juga akan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam program pendampingan masyarakat inklusi yang terukur dan berkelanjutan.

“Meski kondisi masih cukup menantang, pihaknya berkomitmen untuk menjadi bank yang sehat. Di sisi lain, BTPS terus berupaya menggulirkan program untuk memperkuat kapasitas masyarakat inklusi sebagai wujud komitmen Bank,” tegas dia.

Baca juga: Rupiah Tertekan, BI Berpotensi Kerek Suku Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com