Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kekayaan Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo Berusia 36 Tahun

Kompas.com - 21/10/2023, 12:21 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Sosok Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan sejak beberapa hari terakhir. Ia digadang-gadang menjadi Calon Wakil Presiden RI (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Wacana Gibran menjadi Cawapres makin menguat setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan seorang mahasiswa asal Solo agar seseorang yang pernah atau sedang menjabat kepala daerah, bisa mencalonkan diri sebagai Capres-Cawapres meski belum berusia 40 tahun.

Sinyal menduetkan anak sulung Presiden Jokowi dengan Prabowo ini semakin menguat setelah Partai Golkar resmi mendeklarasikan dukungan dapat Rapimnas baru-baru ini.

Menurut kabar yang beredar, jika rencana memasangkan keduanya benar-benar direalisasikan, deklarasi Prabowo-Gibran dijadwalkan akan dilakukan pada malam ini, Sabtu (21/10/2023), di Gedung Joang '45, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Daftar Lengkap Belasan Proyek Pusat di Solo saat Gibran Menjabat

Harta kekayaan Gibran Rakabuming

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melaporkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) 2022 sebesar Rp 26,03 miliar yang dilaporkannya terakhir pada 31 Januari 2023.

Harta Gibran ini naik Rp 734 juta dibandingkan harta kekayan yang dilaporkan dalam LHKPN 2021. Kepemilikan aset terbesar Gibran adalah properti.

Ia tercatat melaporkan kepemilikan atas 7 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 17,33 miliar yang tersebar di Kota Solo dan Kabupaten Sragen.

Masih menurut LHKPN, semua tanah dan bangunan milik Gibran diakui sebagai hasil sendiri alias bukan berasal dari warisan atau pemberian dalam bentuk lainnya (hibah).

Baca juga: Polemik Kota Solo Diguyur Belasan Proyek Pusat saat Gibran Menjabat

Kemudian, Gibran memiliki harta lainnya senilai Rp 5,52 miliar, kas dan setara kas senilai Rp 3,1 miliar dan utang senilai Rp 551,58 juta.

Untuk aset bergerak berupa kendaraan, Gibran melaporkan kepemilikan 4 mobil dan 3 motor dengan nilai taksiran Rp 332 juta. Mobil yang dilaporkannya tersebut antara lain Avanza, Isuzu Panther dan Daihatsu Grand Max.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang Gibran miliki yaitu Royal Enfield, Honda Scoopy, hingga Honda CB-125m.

Baca juga: Kota Solo Era Gibran Diguyur Proyek Pusat, Ekonom: Jangan Cepat Bangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com