Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pontjo Sutowo, Pemilik Perusahaan Pengelola Hotel Sultan

Kompas.com - 21/10/2023, 10:13 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polemik pencabutan izin usaha PT Indobuildco sebagai pengelola Hotel Sultan memunculkan nama Pontjo Sutowo sebagai pemilik bangunan di kawasan Gelora Bung Karno tersebut.

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, izin usaha perusahaan milik Pontjo Sutowo itu sudah dibekukan sejak dua pekan lalu.

"Dua minggu lalu, (izin usaha Indobuildco) sudah dibekukan," kata dia dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Awal Mula Ibnu Sutowo Kuasai Tanah Negara di GBK dan Bikin Hotel Mewah

Pembekuan izin usaha dilakukan karena berakhirnya periode sertifikat hak guna bangunan (HGB).

Bahlil bahkan tak segan untuk mencabut total izin usaha Indobuildco jika perusahaan tak segera angkat kaki dari kawasan GBK.

Lantas siapakah Pontjo Sutowo yang disebut sebagai pemilik PT Indobuildco atau pengelola Hotel Sultan?

Pontjo Sutowo merupakan putra dari Ibnu Sutowo, tokoh militer yang sempat menduduki posisi Direktur Utama Pertamina pada era Soeharto.

Dikutip dari buku Pontjo Sutowo, Pengusaha yang Terpanggil yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas (2022), Pontjo lahir di Palembang pada 17 Agustus 1950, tepatnya saat peringatan ke-5 Hari Kemerdekaan RI.

Pontjo merupakan anak keempat dari 7 bersaudara. Dirinya menempuh pendidikan Sekolah Rakyat (SR) Santo Xaverius di Palembang.

Ia sekeluarga kemudian pindah ke Jakarta pada 1956 mengikuti kepindahan ayahnya yang saat itu ditempatkan sebagai Staf Umum Angkatan Darat.

Pontjo kemudian melanjutkan sekolah di Jakarta dan berada di Perguruan Cikini hingga SMA. Di Perguruan Cikini ini ia menjadi adik kelas Megawati Soekarnoputri.

Selanjutnya, dari Perguruan Cikini ia kemudian pindah ke SMA Katolik Pangudi Luhur hingga tamat SMA.

Pada 1969 Pontjo melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan mesin, tetapi tak sampai selesai karena alasan kesehatan.

Ia kemudian berpindah ke Universitas Trisakti dan masuk ke Fakultas Teknik.

Baca juga: Sederet Bisnis Adiguna Sutowo, Anak Mantan Bos Pertamina Ibnu Sutowo

Pengusaha sekaligus Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Pontjo Sutowo (baret putih) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) membuka Jambore Kebangsaan Bela Negara FKPPI  di Jakarta, Jumat (7/12/2018). ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Pengusaha sekaligus Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Pontjo Sutowo (baret putih) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) membuka Jambore Kebangsaan Bela Negara FKPPI di Jakarta, Jumat (7/12/2018).
Karir profesional Pontjo Sutowo telah dimulai ketika ia berusia 20 tahun. Perusahaan pertamanya adalah perusahaan galangan kapal dengan nama PT Adiguna Shipyard.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com