Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Penetrasi dan Literasi, Indonesia Re Beri Edukasi Asuransi

Kompas.com - 25/10/2023, 14:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mendorong peningkatan literasi asuransi dan keuangan kepada masyarakat Indonesia.

Indonesia Re menjalankan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan literasi keuangan dan asuransi kepada masyarakat luas.

Ini dilakukan dengan beragam program, mulai dari mendukung produk asuransi yang lebih inklusif dan beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai segmen, publikasi literasi terkait asuransi dan reasuransi di kanal sosial media perusahaan, hingga penyelenggaraan program edukasi Indonesia Re Mengajar yang berkolaborasi dengan Jasa Raharja.

Baca juga: Seperti Bank, Asuransi Bakal Dikelompokkan Berdasarkan Jumlah Modal

Ilustrasi asuransi. SHUTTERSTOCK/THODONAL88 Ilustrasi asuransi.

Indonesia Re, sebagai perusahaan reasuransi, berkomitmen membantu pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan, salah satunya dengan memberikan edukasi akan pentingnya proteksi diri sejak dini.

Industri perasuransian nasional merupakan bagian sekaligus backbone dari Sektor Jasa Keuangan Nasional," kata Robbi Y Walid, Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM, dan Corporate Secretary Indonesia Re dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

Robbi menjelaskan, jika dilihat dari angka penetrasi maupun densitasnya, kontribusi industri perasuransian nasional terhadap pertumbuhan sektor perekonomian nasional masih terbilang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya awareness masyarakat terhadap pentingnya berasuransi serta tingkat literasi asuransi dan keuangan masyarakat yang masih terbilang rendah.

"Tugas kami disini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga mengupayakan untuk mengubah stigma masyarakat terkait asuransi itu sendiri. Upaya kami untuk mengedukasi masyarakat terkait literasi keuangan dan asuransi ini banyak sekali tantangannya, salah satunya adalah mental blockers pada masyarakat Indonesia yang dapat mengurungkan niat masyarakat untuk memahami pentingnya berasuransi,” ujar Robbi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com