Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Wisata Alam Menoreh, Perhutani Gandeng Badan Otorita Borobudur

Kompas.com - 01/11/2023, 19:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perhutani menggandeng Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) dalam pengembangan wisata alam di kawasan perbukitan Menoreh, Jawa Tengah. Hal ini untuk meningkatkan pariwisata yang memperhatikan fungsi ekologi, sosial, dan ekonomi.

Kerja sama keduanya ditanda dengan penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam di Menoreh View Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur pada 30 Oktober 2023.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Perum Perhutani Endung Trihartaka mengatakan, melalui kerja sama ini kedua pihak akan mengelola dan mengembangkan potensi wisata di sebagian Wana Wisata Menoreh View Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur.

Baca juga: Luhut: Candi Borobudur Akan Jadi Sumber Penerimaan Negara yang Besar

Dengan demikian, diharapkan tercipta destinasi jasa pariwisata yang berkualitas melalui pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam secara optimal, sambil memperhatikan fungsi ekologi, sosial, dan ekonomi.

"Dengan konsistensi kolaboratif yang dibangun melalui kerja sama ini, semoga kita dapat mengatasi berbagai tantangan yang ada dan mengarahkan langkah menuju pencapaian tujuan yang telah disepakati bersama," ujar Endung dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Adapun kawasan hutan yang ditetapkan untuk dikembangkan sebagai Wana Wisata Menoreh View mencakup dua desa, yakni Desa Benowo, Kecamatan Bener dan Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kawasan dengan seluas 64,70 hektar tersebut berada di kawasan yang dikelola Perum Perhutani, Divisi Regional Jawa Tengah.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur Agustin Peranginangin mengatakan, kerja sama pengembangan kawasan pariwisata ini merupakan langkah penting yang diharapkan bakal memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar maupun perusahaan.

"Ini adalah langkah penting dalam pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata alam, saya yakin akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar," kata Agustin

"Saya juga berharap kita dapat bersama-sama mengembangkan wisata Menoreh View dengan optimal sehingga dapat memberikan keuntungan bagi BPOB serta Perhutani," imbuhnya.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ada Angkringan Digital 2023 di Borobudur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com