Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Usulkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dihapus, Pengamat Sebut Harus Ubah UU

Kompas.com - 06/11/2023, 12:48 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat penerbangan Alvin Lie tidak menyetujui penghapusan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat yang diusulkan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA).

Pasalnya, untuk menghapus TBA diperlukan perubahan pada Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan sehingga akan diperlukan proses yang panjang. Sementara saat ini biaya operasional maskapai telah meningkat akibat kondisi sosial politik di global yang menyebabkan harga avtur naik hingga pelemahan nilai tukar rupiah.

"Saya kurang sependapat kalau TBA itu dihapus, harus menunggu ya. Kalau mau menghapus itu ya harus menunggu ada perubahan UU-nya," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (6/11/2023).

Baca juga: INACA Usul Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dihapus

Ilustrasi tiket pesawat.THINKSTOCK Ilustrasi tiket pesawat.
Dia menjelaskan, TBA pada tiket pesawat justru diperlukan untuk melindungi konsumen agar ketika musim puncak pergerakan (peak season) harga tiket pesawat tidak naik drastis.

Lagi pula, kata Alvin, TBA ini hanya berlaku untuk rute-rute penerbangan dalam negeri dan kelas ekonomi. Sementara untuk penerbangan dalam negeri kelas bisnis dan penerbangan rute-rute internasional diserahkan ke mekanisme pasar.

"TBA itu diamanatkan UU Nomor 1 2009 tentang penerbangan jadi tidak bisa dihapus. Kalau mau menghapus itu ya nanti setelah undang-undangnya diubah dan tidak ada lagi amanat untuk pemerintah mengatur TBA," jelasnya.

Alih-alih menghapus TBA, dia justru lebih setuju jika pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merevisi aturan TBA yakni Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri untuk mengurangi beban biaya operasional maskapai.

Baca juga: Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Diturunkan, Ini Respons INACA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com