Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danone Buka Suara Tanggapi Seruan Boikot Aqua

Kompas.com - Diperbarui 13/11/2023, 07:39 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Seruan memboikot produk Danone sempat trending di media sosial seperti X maupun Instagram sejak beberapa hari terakhir.

Di lini masa, banyak yang menuding perusahaan multinasional asal Spanyol tersebut mendukung Israel yang tengah membombardir Jalur Gaza, Palestina.

Menilik sejarahnya, Danone sendiri didirikan Isaac Carasso, seorang dokter yang bermigrasi dari wilayah Turki Ustmani ke Barcelona saat meletus Perang Balkan Pertama pada awal abad ke-20.

Merespon seruan boikot produk Danone di Indonesia seperti air mineral Aqua, Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, Danone tak punya pabrik dan tidak beroperasi di Israel.

Baca juga: Pantas Saja Israel Rakyatnya Makmur meski Tanpa Minyak, Apa Sebabnya?

Sebagai entitas swasta, kata dia, Danone tidak memiliki afiliasi dengan politik di mana pun.

"Misi Danone adalah meningkatkan kesehatan melalui makanan dan minuman. Danone merupakan entitas bisnis yang tidak memiliki keterkaitan atau melibatkan diri dalam pandangan politik ataupun hal-hal di luar wilayah bisnis," kata Arif dikutip dari Tribunnews, Minggu (12/11/2023).

Awalnya, Arif mengatakan Danone merupakan perusahaan publik yang beroperasi di 120 negara dengan karyawan dari beragam latar belakang etnis dan budaya.

"Sebaliknya, Danone berkomitmen untuk menjadikan bisnis sebagai kekuatan untuk mengalirkan kebaikan kepada masyarakat," sambung Arif.

Danone tidak memiliki afiliasi politik dengan konflik yang terjadi di Timur Tengah. Justru, sebut Arif, perusahaannya sudah banyak berinvestasi di Indonesia dan membuka banyak lapangan kerja.

Baca juga: Mahalnya Iron Dome, Teknologi Israel Penghalau Roket Hamas

"Danone tidak memiliki pabrik dan tidak beroperasi di Israel. Di Indonesia, Danone memiliki 25 pabrik dengan 13.000 karyawan dan melayani lebih dari 1 juta pedagang di seluruh negeri," kata Arif.

Selain Aqua, mengutip laman resminya, beberapa merek Danone yang beredar di Indonesia antara lain susu formula SGM, Nutricia, Nutrilon, dan Bebelac.

"Danone terus berkomitmen untuk mengembangkan investasinya di Indonesia demi turut membantu ekonomi, sosial dan kesehatan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Gambaran Susahnya Kehidupan Ekonomi dan Pekerjaan Warga Palestina

Berita bersumber dari artikel di Tribunnews berjudul "Tagar TolakDanoneAqua Trending di Media Sosial X, Danone Indonesia: Kami Tidak Terlibat Politik".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com