Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 15 Negara dengan Pekerja Paling Kompetitif di Dunia

Kompas.com - 14/11/2023, 12:26 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Daya Saing Talenta Global 2023 menobatkan Swiss jadi negara paling kompetitif dalam hal talenta atau pekerja.

Indeks yang dikeluarkan sekolah bisnis INSEAD tersebut mengungkapkan, Swiss telah memegang peringkat pertama selama sepuluh tahun berturut-turut.

Hal tersebut terjadi karena Swiss dikenal memiliki perlindungan sosial tingkat tinggi dan kualiatas lingkungan alam yang baik.

Baca juga: UMP 2024 Naik, Diumumkan Paling Lambat 21 November 2023

Sementara itu, negara yang ada di peringkat kedua adalah Singapura. Hal tersebut didorong oleh angkatan kerja yang memiliki jenjang pendidikan tinggi dan ekonomi inovatif.

Amerika Serikat (AS) mengekor di posisi ketiga yang naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

Indeks Daya Saing Talenta Global 2023 ini mengukur 132 negara dalam urusan menarik, mengembangkan, dan mempertahankan talenta pekerjanya.

“Selama dekade terakhir, kita telah melihat hubungan yang erat antara kekayaan suatu negara dan daya saing talentanya, di mana negara-negara kaya terus mengalahkan negara-negara miskin,” kata laporan itu, seperti dikutip Kompas.com dari CNBC, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Sulitnya Menjadi Pekerja Perempuan di Indonesia

Di sisi lain, China hanya mampu menempati peringkat ke 40 dalam daftar ini. Sementara, India yang digadang-gadang menjadi negara perekonomian terbesar ketiga justru ada di peringkat ke-103.

Hal tersebut berkaitan dengan merosotnya sentimen bisnis yang mengurangi kemampuan negara dalam menarik talenta di dalam dan luar negeri.

Persaingan berbagai negara untuk mendapatkan talenta akan semakin ketat pada dekade mendatang. Itu seiring dengan berlanjutnya ketidakpastian dan ketegangan internasional dalam perdagangan, investasi, dan politik.

Baca juga: Tantangan yang Dihadapi Pekerja Lepas di Indonesia, Apa Saja?

Lebih lanjut, munculnya artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan diramal akan memperburuk kesenjangan bakat.

Pasalnya, tenaga kerja yang tidak memenuhi syarat atau berkualifikasi rendah akan menanggung tekanan tambahan.

Sementara kategori pekerja baru yang memiliki keterampilan lebih tinggi, akan menderita karena persaingan yang lebih ketat dari algoritma dan peralatan khusus.

Baca juga: Syarat Indonesia Jadi Negara Maju: Gaji Pekerja Minimal Rp 10 Juta Per Bulan

Berikut ini adalah 15 negara di dunia yang memiliki persaingan talenta pekerja paling tinggi di dunia berdasarkan peringkatnya:

  1. Swiss
  2. Singapura
  3. Amerika Serikat
  4. Denmark
  5. Belanda
  6. Finlandia
  7. Norwegia
  8. Australia
  9. Swedia
  10. Inggris
  11. Luksemburg
  12. Irlandia
  13. Kanada
  14. Jerman
  15. Islandia

Baca juga: Dana Darurat Penting Dimiliki Pekerja Freelance, Mengapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com