Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Tolak Usulan Jamaah Haji Jabar Terbang dari Bandara Kertajati, Ini Alasannya

Kompas.com - 23/11/2023, 12:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) menolak usulan agar seluruh kloter jemaah haji di Jawa Barat terbang dari Bandara Kertajati, Majalengka.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan, usulan ini belum dapat direalisasikan lantaran asrama haji Indramayu belum siap menampung seluruh jamaah haji Jawa Barat.

"Belum siap, karena asramanya belum siap," ujar Hilman di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: Jemaah Haji Jawa Barat Diusulkan Terbang dari Kertajati, Ini Saran AP II dan Garuda

Hilman menyebut, usulan tersebut baru bisa direalisasikan jika asrama haji Indramayu sudah siap menampung jamaah haji dalam jumlah yang banyak.

Oleh karenanya, untuk saat ini pelaksanaan Ibadah Haji 2024 masih akan mengikuti simulasi awal, yaitu sebagian jamaah haji asal Jawa Barat berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan sebagian dari Bandara Kertajati.

"Ya tergantung nanti kesiapan di asrama hajinya di Indramayu, kalau kita sudah bisa menampung banyak, frekuensinya juga dialihkan," ucapnya.

Sebagai informasi, usulan pemindahan penerbangan jamaah haji asal Jawa Barat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Kertajati dilontarkan oleh mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin saat RDP dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: AP II Usulkan Jemaah Haji Asal Jabar Gunakan Bandara Kertajati

Awaluddin mengatakan, usulan ini untuk mengurangi beban Bandara Soekarno Hatta yang pada tahun lalu melayani 142 kloter dengan jumlah jemaah haji mencapai 55.985 orang sedangkan Bandara Kertajati melayani 25 kloter dengan jumlah jemaah 9.268 orang.

Terlebih per 29 Oktober 2023 Bandara Kertajati sudah beroperasi penuh setelah sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara pindah ke Bandara Kertajati sehingga fasilitasnya sudah siap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com