Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Targetkan Spin Off BTN Syariah Rampung pada Semester II 2024

Kompas.com - 04/12/2023, 08:00 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negra Tbk (BBTN) menargetkan spin off atau pemisahan unit usaha syariah (UUS) BTN Syariah bisa rampung pada semester II-2024.

Saat ini BTN tengah mengirimkan surat pernyataan minat atau letter of interest kepada dua perbankan terkait dengan rencana akuisisi, yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kita sudah mengirimkan letter of interest kepada dua bank, sejak beberapa waktu lalu,” kata Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam Public Expose Live pekan lalu.

Baca juga: Melonjak 70 Persen, Laba Bersih BTN Syariah Kuartal III-2023 Tembus Rp 400 Miliar

Direktur BTN Nixon LP Napitupulu dalam konferensi pers, Rabu (6/9/2023)KOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Direktur BTN Nixon LP Napitupulu dalam konferensi pers, Rabu (6/9/2023)

Nixon mengatakan, pihaknya merespon POJK agar pihaknya segera melakukan spin off Bank Syariah. Sempat tersiar kabar bahwa BTN membidik bank BUMN untuk akuisisi ini.

Meskipun demikian, hingga saat ini pihaknya masih belum terang-terangan, perbankan mana yang dibidik untuk spin off tersebut.

“Kita masih proses dan belum bisa sebut nama. kami meminta bisa masuk ke target bank yang kami bidik, dimana spin off selambat-lambatnya dua tahun setelah aset BTN Syariah mencapai Rp 50 triliun,” jelas dia.

Hingga akhir November 2023, aset BTN Syariah sudah mencapai Rp 49 triliun. Nixon optimis, jumlah aset bisa mencapai Rp 50 triliun sampai dengan akhir 2023.

 

Baca juga: Pemisahan Unit Syariah BTN Diharapkan Rampung Sebelum Semester II-2024

Dengan demikian, maka proses spin off dapat ditargetkan rampun pada semester II-2024.

“Jadi paling lambat dua tahun, kita harus selesai. Tahapannya, kita akuisisi satu cangkang baik yang kosongan ataupun tidak. Setelah itu kita menggabungkan BTN Syariah ke bank target,” jelas Nixon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com