Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Bulan Ini, Sistem MLFF Ditargetkan Beroperasi Komersil Maret 2024

Kompas.com - 05/12/2023, 20:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menargetkan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh (multi lane free flow/MLFF) dioperasikan secara komersial pada Maret 2024.

Direktur PT RITS Gyula Orosz mengatakan, dalam waktu dekat sistem MLFF akan diuji cobakan di Tol Bali Mandara. Kemudian, pada Januari atau Februari 2024 rencananya hasil uji coba MLFF itu akan dievaluasi bersama pemerintah untuk disempurnakan.

Dengan demikian, pada Maret 2024 sistem MLFF sudah dapat beroperasi secara komersial dengan memasuki masa transisi terlebih dahulu.

Baca juga: Uji Coba MLFF di Tol Bali Mandara Bulan Ini, PT RITS Pastikan Tak Ganggu Kelancaran Selama Nataru

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Gyula Orosz saat ditemui di Control Center PT RITS, Jakarta, Selasa (5/12/2023).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Gyula Orosz saat ditemui di Control Center PT RITS, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

"Setelah evaluasi pengujian, kami akan memperkenalkan MLFF secara komersial pada bulan Maret tahun depan (2024)," ujarnya saat ditemui di Control Center PT RITS, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Namun, dia tidak menjelaskan lebih rinci mengenai pengoperasian komersial pada Maret mendatang akan dilaksanakan di ruas tol mana saja.

Yang jelas, setelah uji coba MLFF di Tol Bali Mandara dilakukan, sistem MLFF akan diujicobakan di 6 ruas tol di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Pada dasarnya kami akan memulai uji coba saat ini di Bali dan nantinya kami akan memperluas sistem kami ke segmen prioritas juga. Ada diskusi mengenai 6 segmen mana yang bisa menjadi prioritas. Kami yakin jumlahnya bisa lebih dari 6. Namun ketika sistem sudah aktif dan berjalan, kami siap melakukan uji coba di mana pun di seluruh Indonesia," tegasnya.

Baca juga: MLFF Siap Diuji Coba, Sosialisasi Perlu Terus Dilakukan

Dia menjelaskan, pada tahap awal uji coba sistem MLFF di jalan tol tidak diberlakukan untuk kendaraan umum.

Uji coba sistem MLFF akan dilaksanakan untuk friendly user seperti kendaraan kementerian, kepolisian, dan perusahaan taksi di Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com