Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Kompas.com - 07/12/2023, 15:52 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Potensi ekonomi kreatif sangat besar di Tanah Air, namun saat ini belum tergarap dengan maksimal. Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia?

Untuk diketahui saja, ekonomi kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang berfokus pada penggunaan daya kreatif dan intelektual untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.

Ini mencakup berbagai industri dan sektor yang menghasilkan dan memanfaatkan kreativitas, keahlian, dan inovasi dalam produksi barang dan jasa.

Beberapa karakteristik utama dari ekonomi kreatif melibatkan pemanfaatan keahlian budaya, seni, desain, media, teknologi informasi, dan industri kreatif lainnya.

Baca juga: Bagaimana Upaya yang Dilakukan untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif?

Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia?

Mengutip Jurnal Pertumbuhan Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak Industri Pariwisata yang ditulis Sumarno Dwi Saputra, ada beberapa alasan mengapa Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif.

Berikut beberapa alasan mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan di Indonesia:

1. Kekayaan budaya dan kearifan lokal

Mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan? Alasan pertama Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa dengan beragam etnis, tradisi, seni, dan kearifan lokal.

Membangun ekonomi kreatif dapat memanfaatkan warisan budaya ini untuk menciptakan produk dan layanan yang unik serta menarik bagi pasar lokal dan internasional.

2. Sumber daya manusia kreatif

Alasan kedua mengapa industri kreatif perlu dikembangkan adalah SDM yang kreatif. Indonesia memiliki populasi yang besar dan kreatif.

Dengan meningkatnya akses pendidikan di berbagai bidang seni, desain, teknologi, dan industri kreatif lainnya, terdapat potensi besar dalam menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing tinggi di sektor ekonomi kreatif.

3. Penggunaan teknologi digital yang pesat

Pertumbuhan teknologi digital di Indonesia menciptakan peluang baru di sektor ekonomi kreatif. Itulah salah satu alasan mengapa industri kreatif perlu dikembangkan.

Penggunaan internet yang luas, peningkatan penetrasi smartphone, dan akses ke platform digital memberikan platform bagi pelaku industri kreatif untuk menyebarkan karya mereka secara global.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com