Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pembangunan IKN, ADB Beri Bantuan Teknis

Kompas.com - 15/12/2023, 11:38 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) berkomitmen mendukung pembangunan megaproyek Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu ditunjukkan dengan sejumlah bantuan teknis yang telah diberikan senilai 2,4 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 37,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.500 per dollar AS).

"Sejauh ini ADB telah memberikan bantuan teknis untuk ibu kota baru senilai 2,4 juta dollar AS," ujar Direktur ADB di Indonesia, Jiro Tominaga, dalam press briefing, di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Baca juga: Ganjar Sebut IKN Tak Harus Andalkan Investor, Pengamat: Kalau Saling Menunggu, Ya Tidak Jadi Dibangun...

Jiro menjelaskan, bantuan itu diberikan melalui berbagai sumber daya yang dikelola oleh ADB dan difokuskan kepada 3 aspek.

Pertama, bantuan berupa perencanaan dan desain, dengan tujuan untuk memastikan penggunaan lahan dan tata ruang perencanaan mendukung visi IKN menjadi kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

Kemudian, bantuan diberikan dalam bentuk survei untuk meminimalisir dampak lingkungan dan sosial, serta menerapkan peraturan dan perlindungan untuk meminimalisir dampak negatif lain.

Terakhir, ADB memberikan bantuan berupa mobilisasi pembiayaan dengan cara mengambangkan kebijakan dan kerangka investasi di IKN.

"Kita telah mendukung pengembangan IKN dari langkah paling awal," kata Jiro.

Jiro berharap, lewat pembangunan IKN, pemerintah dapat merealisasikan salah satu visi dari megaproyek itu, yakni menciptakan pemerataan pertumbuhan ekonomi daerah di Indonesia.

"Saya berharap hal itu terjadi. Fokus kita membantu merencanakan dan mengurangi dampak, membantu mereka berpikir mengurangi dampak negatif," ucapnya.

Baca juga: Soal ASN Berkinerja Buruk Akan Dipindah ke IKN, Kepala Otorita: Itu Bercanda Kali...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com