Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Tips Mencapai Kesuksesan dari Para CEO

Kompas.com - 27/12/2023, 09:19 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Kesuksesan sering kali bergantung pada kemampuan kamu untuk melihat peluang yang menjanjikan, dan kemudian mengumpulkan keberanian untuk mengambil tindakan dan mengelola rasa takut akan segala risiko yang mungkin akan terjadi.

Tapi mungkin, baik bagi kamu jika dapat meluncurkan bisnis sendiri, memberanikan diri untuk memulai karier baru, atau mengejar potensi yang bernilai besar.

Mengutip CNBC, sejumlah CEO sukses menjelaskan mengenai titik balik yang mereka alami, kemudian menentukan karier mereka di masa depan. Hal ini membuka jalan bagi kesuksesan bagi mereka.

Berikut beberapa tips terbaik dari CEO sukses dalam mengenali potensi diri, dan cara mengelola kekhawatiran menjadi hasil yang manis:

Baca juga: Pemilik Klub Basket Ini Berbagi Tiga Kiat Sukses Menjadi Jutawan

1. Mulailah dengan refleksi diri

Jika kami mendambakan lebih banyak kepastian dalam hidup kamu, cobalah melakukan beberapa bentuk meditasi atau refleksi secara bijaksana.

Yoga dan meditasi membantu Joe Kudla, pemilik dan CEO brand fashion Vuori. Kudla mundur dari pekerjaan sebelumnya, dan mulai berpikir jernih pada masa-masa awal bisnisnya.

Dalam waktu empat minggu, dia kehabisan uang dan putus asa mencari strategi untuk menyelamatkan usahanya barunya itu.

“Mereka sangat membantu saya dalam meluangkan waktu untuk diam, memikirkan ‘masalah’ saya, dan fokus pada kejelasan,” kata Kudla.

Baca juga: Budaya Kerja Positif Kunci Sukses Perusahaan

“Ketika kamu melakukan hal tersebut, kamu akan mengembangkan kesadaran yang lebih objektif dan tidak memihak yang akan membantu kamu mengidentifikasi pola dalam bisnis kamu,” lanjut dia.

Demikian pula, pendiri dan ketua eksekutif Kind Snacks Daniel Lubetzky. Lubetzky merekomendasikan untuk berhenti sejenak dari pikiran yang sulit, dan mulailah untuk melihat peluang besar lainnya.

“Berjalan-jalan, adalah tindakan sederhana yang memberikan ruang dan waktu bagi kamu untuk mengajukan pertanyaan yang bijaksana dan objektif kepada diri sendiri untuk membantu menentukan seberapa serius kamu sebenarnya dalam mengejar sebuah ide,” kata Lubetzky.

Baca juga: Manfaatkan Medsos, Ibu-ibu Tani Jambi Sukses Pasarkan Olahan Jahe Hasil Tanam di Pekarangan

“Tutup matamu dan pikirkan... Apa yang kamu inginkan? Apa yang penting bagi kamu? Apa yang ingin kamu dapatkan dari hidup? Apa yang ingin kamu capai?” tambah Lubetzky.

Lubetzky yakin, ketika berada dalam keadaan santai, atau bahkan membiarkan pikiran mengembara, dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih jernih dan kreatif.

2. Lakukan riset dan pahami risikonya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com