Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Mencapai 220.227 Orang Selama Libur Nataru

Kompas.com - 04/01/2024, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia Chinq (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) pada 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 mencapai 220.227 penumpang.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, jumlah ini meningkat 33 persen dibandingkan periode sebelum periode Nataru di awal Desember 2023.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang selama Nataru ini, PT KCIC telah menambah jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh hingga 48 perjalanan per hari.

"Peningkatan terjadi karena adanya peningkatan permintaan masyarakat yang akan menggunakan Whoosh untuk menikmati libur akhir tahun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Sambut Libur Nataru, KCIC Sediakan 20.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Per Hari

Selama periode Nataru, jumlah penumpang tertinggi tercatat pada keberangkatan Stasiun Halim mencapai 115.435 penumpang. Diikuti dengan keberangkatan Padalarang sebanyak 73.034 penumpang dan keberangkatan Tegalluar sebanyak 31.758 penumpang.

Keberangkatan dengan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 26 Desember 2023 mencapai total 21.188 penumpang dan diikuti keberangkatan 23 Desember mencapai 21.151 penumpang per hari.

Jumlah penumpang pada kedua tanggal tersebut melampaui rata-rata penumpang Whoosh per harinya pada periode Nataru yang mencapai 19.000-20.000 penumpang per hari.

Baca juga: Kereta Feeder Whoosh Tabrak Mobil, 214 Penumpang Dialihkan, KCIC Minta Maaf

Adapun sebelumnya, KCIC telah mengoperasikan 576 perjalanan Whoosh sejak dimulai pada 22 Desember 2023 untuk melayani seluruh penumpang. Seluruh perjalanan berjalan lancar, aman, dan dapat memiliki ketepatan waktu yang baik.

Meskipun terjadi lonjakan penumpang, kata Eva, pelayanan KCIC kepada masyarakat tetap berjalan lancar tanpa hambatan yang signifikan dan tanpa kejadian tidak diinginkan. Selama periode Nataru, Posko Nataru juga disediakan untuk membantu masyarakat.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang," ucapnya.

Baca juga: Layani 1 Juta Penumpang, Whoosh Dinilai Jadi Transportasi Kebutuhan Masyarakat


Eva juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Whoosh sebagai moda transportasi selama Nataru 2024. Kepercayaan ini akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar Whoosh tetap menjadi pilihan favorit masyarakat.

"Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan agar Whoosh tetap menjadi moda transportasi favorit masyarakat," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com