Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minat Operasikan Kereta Otonom Buatan China di IKN

Kompas.com - 12/01/2024, 21:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjajaki kerja sama bilateral di sektor transportasi dengan China. Salah satunya mengenai pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di Ibukota Nusantara (IKN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemui Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng, Chairman CRRC Yongcai Sun, dan Chairman Huawei di Kota Beijing, China pada Jumat (12/1/2024).

Pada pertemuan tersebut, Menhub melakukan penjajakan dengan pihak China melalui China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) terkait proyek kereta otonom di IKN.

Baca juga: Ke Korsel dan China, Menhub Bahas Kelanjutan Pembangunan LRT Bali hingga Kereta Otonom di IKN

Menhub menyampaikan minat pemerintah untuk mengoperasikan satu set kereta otonom dari CRRC di IKN kepada pihak CRRC.

"Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km per jam dan kecepatan maksimal 70 km per jam," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/1/2024).

Pihak CRRC dikabarkan akan membawa unit Kereta Otonom ke Indonesia, sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN sekitar Juli 2024. Ini menjadi ajang demonstrasi kemampuan dari kereta otonom.

Baca juga: Emiten Penyedia Layanan GPS Fox Logger Perluas Layanan ke IKN

Selain itu, Menhub juga meminta pemerintah China untuk mengundang pihak-pihak swasta berinvestasi pada proyek perkeretaapian di kota-kota besar di Indonesia seperti di Bandung, Semarang, dan Makassar.

Menhub juga mengajak China untuk berinvestasi di bidang penerbangan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan penerbangan di daerah yang memiliki landasan pacu (runway) yang cukup pendek dan kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang penerbangan.

Sementara di sektor pelayaran, Menhub juga menjajaki kerja sama di bidang peningkatan SDM melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan di bidang pelayaran.

Baca juga: MPXL Bakal Kirim 100 Truk ke IKN Sepanjang 2024

Menhub bilang, pada pertemuan hari ini kedua negara berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan infrastruktur transportasi nasional.

"Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung merupakan wujud komitmen kerja sama bilateral, yang kini telah dioperasikan dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Whoosh ini menjadi proyek yang potensial untuk dikembangkan ke depannya," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Menhub mengundang Menteri Transportasi Tiongkok untuk menghadiri kegiatan Ministerial Roundtable on Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Mei 2024.

Selain itu juga akan melakukan diskusi bersama Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) di Shanghai.

Baca juga: 23 Investor Pelopor Telah Groundbreaking di IKN, Total Nilai Investasi Rp 41 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com