Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Asuransi Berdasarkan Tahap Kehidupan

Kompas.com - 16/01/2024, 22:21 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengatakan, asuransi jiwa dapat menjadi salah satu upaya untuk melindungi kondisi finansial. Tak hanya jangka pendek, asuransi jiwa juga dapat membuat keluarga memiliki ketahanan finansial jangka panjang.

Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life Windy Riswantyo mengatakan, berdasarkan survei hanya terdapat 8 sampai 10 persen keluarga usia produktif yang memiliki asuransi swasta pribadi.

Lantas bagaimana cara memilih asuransi sesuai dengan tahapan kehidupan yang sedang dijalani?

Baca juga: 14 Dana Pensiun dan 7 Asuransi Masuk Status Pengawasan Khusus OJK

Ilustrasi asuransi jiwa.SHUTTERSTOCK/9DREAM STUDIO Ilustrasi asuransi jiwa.

"Dari hasil evaluasi keuangan tahunan, selain cash flow yang positif, pemenuhan dana darurat serta tabungan dan investasi, asuransi menjadi fondasi yang kokoh bagi ketahanan keuangan keluarga di masa depan,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (16/1/2024).

Ia menambahkan, dalam setiap tahapan kehidupan keluarga, kebutuhan asuransi akan berbeda-beda.

Sebagai contoh, pada masa lajang atau baru menikah di usia sekitar 25 hingga 30 tahun, seseorang sudah mulai bisa mengalokasikan sekurang-kurangnya 5 persen untuk kebutuhan proteksi jiwa dan kesehatan.

Selain itu, penting juga untuk mengecek apakah di keluarga memiliki histori penyakit kritis. Ketika tidak ditemukan, berarti perlindungan penyakit kritis belum perlu menjadi prioritas.

Baca juga: Unitlink Masih Bebani Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa

Kemudian, keluarga juga bisa mempertimbangkan produk perlindungan yang memberikan manfaat pengembangan nilai dana pada produk asuransi jiwa dwiguna ataupun Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI).

Lebih lanjut, untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan kesehatan dapat diperbesar manfaatnya bila sudah memasuki fase keluarga muda yang sudah memiliki anak, atau dalam fase usia sekitar 28–40 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com