Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok PHK Puluhan Karyawannya

Kompas.com - 24/01/2024, 15:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan live video pendek Tiktok melakukan PHK kepada 60 orang karyawan pada Januari 2024.

Mengutip CNBC, Rabu (24/1/2024), pemutusan hubungan kerja pertama kali dilaporkan pada Senin malam oleh NPR. Divisi ByteDance itu menyebutkan bahwa PHK di NPR sebagai bagian dari reorganisasi rutin.

Aksi PHK ini berdampak pada staf penjualan dan periklanan yang bekerja di kantor Los Angeles, New York, dan Austin, Texas.

Baca juga: Google Bakal Lanjutkan Tren PHK Tahun Ini

Perusahaan teknologi lainnya seperti Amazon, Alfabet, Persatuan, Discord dan Trend Micro juga telah memangkas stafnya pada bulan Januari, melanjutkan tren dari tahun lalu.

PHK tersebut terjadi ketika industri teknologi mengalami penurunan berkepanjangan sehingga harus memangkas biaya operasional.

Awal pekan ini, unit Tencent Riot Games mengatakan akan memangkas 11 persen tenaga kerjanya, mewakili sekitar 530 karyawan.

Dalam sebuah surat kepada karyawan yang diterbitkan sebagai postingan blog, CEO Riot Games Dylan Jadeja mengatakan pemutusan hubungan kerja diperlukan untuk menuju masa depan perusahaan yang lebih baik.?

“Itu dilakukan untuk menciptakan fokus dan menggerakkan kita menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” kata Jadeja.

Pada tahun 2023, TikTok mempekerjakan sekitar 7.000 pekerja di AS. Sementara itu, ByteDance memiliki lebih dari 150.000 karyawan global.

Baca juga: Pabrik Ban di Cikarang Tutup, 1.500 Karyawan Dirumahkantikto

Pada bulan November, ByteDance memangkas ratusan pekerjaan di divisi game perusahaannya, Nuverse.

PHK tersebut menunjukkan bahwa ByteDance mengurangi upaya gamingnya, sebuah area di mana ia bersaing dengan pesaingnya dari Tiongkok, Tencent dan NetEase.

“Kami secara teratur meninjau bisnis kami dan melakukan penyesuaian untuk fokus pada area pertumbuhan strategis jangka panjang,” kata juru bicara ByteDance kepada CNBC.

“Setelah peninjauan baru-baru ini, kami mengambil keputusan sulit untuk merestrukturisasi bisnis game kami,” ungkap dia.

Baca juga: Citigroup Berencana PHK 20.000 Karyawan Secara Global

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com