Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Kisah Inspiratif Dini Nurul Islami, Guru Honorer yang Sukses Raih Impian lewat Shopee Affiliate dan Shopee Live

Kompas.com - 05/02/2024, 14:49 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak kenal putus asa, Dini Nurul Islami membuktikan bahwa kesuksesan dapat diraih semua orang, termasuk dirinya. 

Dengan tekad kuat, kreativitas, dan konsistensi, guru honorer asal Tasikmalaya, Jawa Barat, itu berhasil mengubah hidup menjadi lebih baik dan membuka lapangan pekerjaan baru, serta masuk nominasi Shopee Super Award 2023.

Kisah inspiratif Dini dimulai saat dirinya memutuskan bergabung dengan Shopee Affiliate Program pada 2021.

Perempuan kelahiran 1997 tersebut bercerita bahwa ia sempat membuka usaha kecil-kecilan di Shopee sebelum bergabung dengan Shopee Affiliate Program. Produk yang ia jajakan berupa kue kering. Ini pun dijual hanya pada momen-momen tertentu, seperti Lebaran.

Minimnya pesanan membuat omzet yang dihasilkan sedikit. Hal inilah yang mendorong Dini terjun ke program afiliasi Shopee.

Baca juga: Survei Ipsos: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Paling Populer di Kuartal III-2023

Coba peluang baru

Berpegang pada keyakinan bahwa keberhasilan milik semua orang, Dini mencoba peruntungan menjadi live streamer Shopee Live pada Oktober 2023 lewat akunnya @Dininrli. Saat itu, Shopee tengah menggelar kampanye belanja 10.10.

Awal menekuni profesi tersebut, Dini mengungkapkan, banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah followers yang sedikit.

Bukan Dini namanya kalau patah semangat. Ia konsisten melakukan live streaming di Shopee Live setiap hari, memberikan ulasan dengan caranya yang unik dan suaranya yang khas.

Pelan tapi pasti, konsistensi itu pun berbuah manis. Dini berhasil mencetak penghasilan yang signifikan, yakni ratusan juta rupiah per minggu. Bahkan, ia mampu mempekerjakan lebih dari 10 pegawai dan memberikan pelatihan.

Baca juga: Cerita Nurwinda Jadi Shopee Affiliate, Raih Cuan Ratusan Juta Rupiah hingga Berangkatkan Orangtua Naik Haji

Dini selalu konsisten melakukan live streaming di Shopee Live setiap hari, memberikan ulasan dengan caranya yang unik dan suaranya yang khas. Dok. istimewa Dini selalu konsisten melakukan live streaming di Shopee Live setiap hari, memberikan ulasan dengan caranya yang unik dan suaranya yang khas.

Berkat ketekunan itu, Dini akhirnya masuk nominasi Shopee LIVE Top Electronic Creator di Shopee Super Award 2023.

“Awalnya, live hanya ditonton 2-10 penonton, tapi saya tetap semangat dan gigih mencoba berbagai cara agar konten terlihat menarik. Saya juga rutin live setiap hari. Hingga suatu waktu, Shopee mengundang saya untuk menjadi kreator. Tentu saja, saya langsung menyetujuinya. Akun Shopee saya juga dibantu untuk mendapatkan ceklis biru dan akhirnya live stream mulai ramai sampai sekarang,” tutur Dini.

Sebagai content creator sekaligus pelaku Shopee Affiliate, Dini mengatakan bahwa kesuksesan adalah perjalanan penuh dedikasi dan semangat untuk terus berkembang.

Lebih lanjut, Dini menuturkan, Shopee Affiliate dan Shopee Live telah memberikan berkah luar biasa bagi hidupnya. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi juga membuatkan bisa memberikan kontribusi positif kepada saudara dan teman sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Baca juga: Cerita Ayu Prasetyo Raup Puluhan Juta Rupiah karena Gabung Shopee Affiliate

Selain itu, dalam kurun tiga bulan sejak bergabung dengan Shopee Live, Dini bisa mewujudkan impiannya, yaitu membeli rumah dan mobil.

“Oleh karena itu, setiap langkah kecil dan usaha yang kita tanamkan dengan yakin dapat membuka pintu baru menuju peluang-peluang yang tak terduga,” ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com