Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Wings Air Ditembaki KKB Papua, Kemenhub Beberkan Kronologinya

Kompas.com - 18/02/2024, 20:14 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengkonfirmasi adanya insiden penembakan terhadap pesawat. Kali ini penembakan dilakukan terhadap pesawat Wings Air PK-WJT jenis ATR 72-600 di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan pada Sabtu (17/2/2024).

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan, insiden terjadi pada pukul 04.17 UTC atau 13.17 WIT. Terkait insiden tersebut, terdapat satu orang penumpang yang mengalami luka ringan dikarenakan terkena serpihan cabin.

"Telah dilakukan penyisiran oleh pihak Satgas, TNI, dan kepolisian setempat. Kami akan menyiapkan edaran kewaspadaan, dan akan melakukan posko monitoring secara intensif,” ujar Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke, Asep K. Samapta, dalam keterangannya, Minggu (18/2/2024).

Baca juga: Terjadi Insiden Penembakan Pesawat di Papua, Kemenhub Pastikan Penumpang Selamat

Asep menjelaskan berdasarkan laporan kronologi kejadian pada pukul 04.02 UTC atau 13.02 WIT petugas patroli Aviation Security (Avsec) telah melakukan inspeksi pada runway dan posisi stand by. Kemudian pada pukul 04.17 UTC atau 13.17 pesawat Wings Air PK-WJT mendarat di Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

"Setelah pesawat parking kemudian didapatkan informasi adanya bekas tembakan di bagian sisi kiri pintu belakang pesawat," katanya.

Setelah itu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, di mana pesawat PK-WJT telah kembali diterbangkan ke Bandar Udara Mozes Kilangin Timika dan mendarat pukul 09.09 UTC atau 18.09 WIT dengan selamat.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Groundbreaking LRT Bali Tahap 1 Dilakukan September 2024

Pasca-insiden tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni memberikan arahan kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di Wilayah Kerja Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke untuk lebih waspada dan hati-hati.

"Saya imbau kepada maskapai yang beroperasi khususnya pada rute-rute yang sering terjadi gangguan keamanan dan keselamatan penerbangan, agar waspada dan berhati-hati, dan lebih meningkatkan koordinasi dengan semua stakeholder sebelum memutuskan untuk terbang,” tuturnya.

"Saya juga meminta untuk melakukan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) lebih cermat dan koordinasi secara intens dengan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU), Airnav Indonesia dan para pihak pemangku keamanan setempat untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan," sambugnya.

Baca juga: Jelang Libur Isra Miraj dan Imlek, Kemenhub Pastikan Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

Sebagai informasi, insiden penembakan pesawat itu menjadi yang kedua kali secara berturut-turut di Papua. Sebelumnya, Kemenhub mengungkapkan insiden penembakan pesawat oleh KKB di Distrik Beoga, Papua Tengah pada Jumat (16/2/2024) pukul 09.52 WIT.

Diketahui pesawat yang ditembaki itu merupakan pesawat Cessna Grand Caravan registrasi PK-LTF milik PT Asian One Air pada penerbangan rute Timika-Beoga. Saat insiden, pesawat tengah berisikan 9 orang dari pilot dan penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni memastikan pesawat berhasil mendarat dengan normal dan kondisi 9 orang itu selamat.

Baca juga: Kemenhub Ungkap Kendala Perbaikan Eskalator Stasiun Bekasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com