Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengoperasian Akses Tol Stasiun Halim Molor, Jasa Marga: Sudah Masuk Tahap Akhir

Kompas.com - 19/02/2024, 14:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan pengoperasian akses tol Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim di di KM 1+842 Ruas Tol Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap akhir.

Senior General Manager PT Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, pembangunan konstruksi gerbang tol dan akses baru menuju Stasiun Halim sudah hampir rampung.

Kemudian pihaknya juga masih menunggu perbaikan atas uji laik fungsi (ULF) jalan tol yang merupakan proses terakhir sebelum jalan akses tol itu dioperasikan.

"Saat ini sedang ditindaklanjuti perbaikan atas uji laik fungsi (ULF) yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Namun pihak Jasa Marga enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai kendala yang terjadi dalam proses mengoperasikan akses tol ini.

Baca juga: Jalan Akses Tol KM 1+842 Stasiun Halim Tak Kunjung Dioperasikan, KCIC: Masih Tunggu Pengujian

Mengingat akses tol Stasiun Halim di KM 1+842 ditargetkan dapat digunakan pada Agustus 2023 bersamaan dengan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma. Sementara Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma yang dapat diakses dari Jalan DI Panjaitan itu sudah mulai digunakan untuk umum sejak Kereta Cepat Whoosh diujicoba pada September 2023.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti sebelumnya mengatakan, pembangunan jalan akses tol Stasiun Halim tersebut sudah selesai dikerjakan. Gerbang masuk untuk pembayaran dan papan penunjuk (signage) juga sudah terpasang.

Namun pengoperasian jalan akses itu masih terkendala di operator jalan Tol Jakarta-Cikampek yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk sehingga masih belum bisa digunakan untuk umum.

"Gatenya sudah ada, signage juga, tapi belum ada yang boleh lewat," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2024).

Baca juga: Akses Stasiun Halim via Tol Ditutup 18 Februari 2024, Penumpang Whoosh Bisa Lewat Jalan Ini

Dia menyebut, saat ini Jasa Marga masih melakukan pengujian-pengujian sebelum memastikan jalan akses tol ini dapat digunakan untuk umum.

Untuk itu, hingga kini KCIC masih terus berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar jalan akses tol Stasiun Halim dapat segera beroperasi.

"Masih dikordinasikan dengan Jasa Marga untuk yang 1+842 Tol Jakarta-Cikampek. Masih menunggu pengujian-pengujian," ucapnya.

Baca juga: Jadwal Kereta Cepat Whoosh Tahun 2024 dari Tegalluar ke Halim

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com