Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bakal Luncurkan SPBU Hidrogen Pertama di RI, Bisa Buat Cas Kendaraan Listrik

Kompas.com - 19/02/2024, 18:33 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) melalui PLN Indonesia Power membuat stasiun pengisian hidrogen pertama di Indonesia. Stasiun hidrogen ini sebagai penunjang fasilitas kendaraan berbahan bakar hidrogen, maupun untuk pengisian daya atau cas kendaraan listrik.

Fasilitas yang disebut Stasiun Pengisian Kendaraan Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station (HRS) itu pun dipamerkan dalam pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan siap menjadi pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

PLN telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk untuk menunjang ekosistem kendaraan listrik dan hidrogen mulai dari hulu hingga hilir.

Baca juga: 21 Februari Nanti, PLN Resmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen Pertama

"Sama seperti kendaraan listrik, di mana kami menjadi pionir dalam pembentukan ekosistem. Dengan ini kami yakin, PLN akan menjadi key player (pemain kunci) dalam penyediaan hidrogen hijau untuk berbagai kebutuhan, khususnya untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/2/2024).

Ia menjelaskan, setelah membangun Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia sebagai upaya mendorong transisi energi, skala produksi hidrogen hijau pun akan terus ditingkatkan.

Selain itu, untuk membentuk ekosistem kendaraan masa depan berbasis hidrogen secara end to end, dalam waktu dekat PLN Indonesia Power akan meresmikan Hydrogen Refueling Station, dan menjadi stasiun hidrogen pertama di Indonesia.

"PLN tengah membangun ekosistem kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen. Dengan stasiun pengisian Hydrogen Refueling Station yang nantinya akan tersebar di seluruh Indonesia, ekosistem kendaraan listrik ini akan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat," kata Darmawan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menambahkan, Hydrogen Refueling Station yang nantinya diresmikan pada pekan ketiga Februari 2024, bakal berlokasi di Senayan.

Pada fasilitas itu terdapat charger electric vehicle berbasis hidrogen, sehingga tidak hanya digunakan untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen tetapi juga kendaraan listrik.

Kemudian terdapat Hydrogen Center dan Hydrogen Gallery Room sebagai pusat pelatihan dan pendidikan terkait hidrogen di Indonesia.

"Hydrogen Refueling Station segera launching, di dalamnya tidak hanya ada stasiun pengisian kendaraan hidrogen saja, namun juga charger untuk kendaraan listrik," katanya.

Menurut Edwin, dengan memamerkan Hydrogen Refueling Station di IIMS 2024 sebelum diresmikan, diharapkan bisa memberikan edukasi serta mengajak para pelaku usaha maupun komunitas di dunia otomotif dalam memulai peralihan ke kendaraan masa depan berbasis hidrogen hijau.

"Kami di IIMS untuk memberikan edukasi dan pentingnya peran serta semua pihak dalam mewujudkan net zero emission atau nol emisi karbon dengan memaparkan beberapa alternatif kendaraan masa depan termasuk kendaraan berbasis hidrogen," pungkasnya.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Wifi Iconnet via Aplikasi PLN Mobile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com