Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Bebenah” Ciliwung Kumpulkan 1.214 Kg Sampah

Kompas.com - 05/03/2024, 13:00 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 nampak di bantaran Sungai Ciliwung lewat kegiatan menjaga kelestarian lingkungan dengan menanggulangi sampah.

Kegiatan Bebenah Ciliwung yang dilalukan akhir pekan lalu tersebut merupakan kolaborasi antara PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan Komunitas Ciliwung Depok.

"Pada kegiatan kali ini, kami melibatkan komunitas serta volunteer yang merupakan karyawan ASDP (Ferizyan) untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung,” ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam siaran persnya, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Gelar CSR di Padepokan Ciliwung Condet, BRINS Dukung Pemberdayaan Budaya dan Lingkungan

“Serta melakukan edukasi langsung dengan menyebarluaskan poster-poster ramah lingkungan. Kami juga melepaskan ikan-ikan khas Ciliwung untuk menjaga kelestarian fauna di Sungai Ciliwung," sambungnya,

Dalam kegiatan tersebut terkumpul sebanyak 1.214,5 kg sampah atau sama dengan 114 kantong yang dilakukan selama kurang lebih 45 menit.

ASDP menyampaikan berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun di 123 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023.

Baca juga: Jokowi Ingin Normalisasi Sungai Ciliwung Segera Rampung untuk Atasi Banjir di Jakarta

Sedangkan ttotal sampah yang belum terkelola sebanyak 5,8 juta ton atau setara dengan 33,1 persen dari sampah yang ada.

Adapun kegiatan memperingati HPSN tersebut meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung.

”Bagi kami, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata namun juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” kata Shelvy.

Baca juga: Profil Sodetan Ciliwung yang Dibilang Jokowi Mangkrak 6 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com