Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Eskalator Stasiun Manggarai Molor, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 06/03/2024, 10:57 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Eskalator di Stasiun Manggarai, Jakarta tepatnya yang menuju peron 11 dan 12 masih belum beroperasi kembali.

Eskalator tersebut ditutup dan diperbaiki Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak 21 Februari lalu karena sempat terjadi anomali, di mana eskalator mendadak berbalik arah ketika digunakan penumpang KRL.

Artinya, pada hari ini eskalator tersebut sudah dua pekan tidak beroperasi. Padahal Kemenhub menjanjikan perbaikan akan selesai dalam seminggu.

Baca juga: Pemeriksaan Seluruh Eskalator di Stasiun Manggarai Dimulai Pekan Depan

Tangga menuju Peron 11-12 di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).KOMPAS.com/XENA OLIVIA Tangga menuju Peron 11-12 di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).

Menanggapi hal itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Ferdian Suryo mengatakan, eskalator sudah selesai diperbaiki sejak Sabtu (2/3/2024) lalu.

"Mohon maaf perbaikan berdasarkan opname bersama sebenarnya sudah selesai per Sabtu kemarin," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Namun, lantaran pihaknya meminta uji riksa ke Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) untuk memastikan perbaikan yang dilakukan sudah sesuai, maka sampai saat ini eskalator tersebut belum dioperasikan kembali.

"Hasil Uji Riksa menyarankan kami untuk melakukan penyempurnaan di beberapa hal sehingga menambah waktu perbaikan," ucapnya.

Baca juga: KCI Bakal Periksa Semua Eskalator di Stasiun Manggarai

Setelah hasil uji riksa menyarankan untuk dilakukan perbaikan tambahan, pihaknya pun kembali memperbaiki sesuai yang disarankan.

Perbaikan tambahan itu dilakukan selama sekitar dua sampai tiga hari. Setelah perbaikan tambahan dilakukan, pihaknya akan kembali melakukan uji riksa untuk memastikan perbaikan sudah sempurna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com