Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCI dan DJKA Perbaiki Eskalator Stasiun Manggarai yang Sempat Berbalik Arah

Kompas.com - 22/02/2024, 20:13 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memeriksa dan memperbaiki eskalator yang menuju peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai.

Hal ini dilakukan setelah pada Rabu (21/2/2024) sempat terjadi insiden yang menyebabkan penumpang terjatuh yang sedang menaiki eskalator stasiun Manggarai yang berbalik arah.

External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, kejadian bermula pada pukul 18.06 WIB salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11 dan 12 yang normalnya mengarah ke atas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah.

Baca juga: Video Viral Pengguna Eskalator Stasiun Manggarai Jatuh Bertabrakan, Ini Kata KAI Commuter

Signage baru di Stasiun ManggaraiKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Signage baru di Stasiun Manggarai

Kejadian tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron menjadi terjatuh. Namun demikian dipastikan tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2/2024).

KAI Commuter mengimbau penumpang KRL untuk menggunakan tangga manual di sisi selatan dan di tengah hall lantai 1 stasiun. Lantaran fasilitas eskalator dan lift diperuntukkan untuk pengguna prioritas.

"KAI Commuter mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya," ucapnya.

Baca juga: KCI Tutup Satu Eskalator Stasiun Manggarai yang Sempat Sebabkan Insiden

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com