Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danamon Syariah Ajak Masyarakat Persiapkan Tabungan Rencana Haji Sejak Dini

Kompas.com - 21/03/2024, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit usaha syariah (UUS) PT Bank Danamon Indonesia Tbk atau Danamon Syariah mengajak masyarakat untuk dapat mempersiapkan naik haji dengan memiliki tabungan rencana haji sejak dini.

Direktur Syariah dan Sustainability Finance Bank Danamon Herry Hykmanto menjelaskan, sekurang-kurangnya ketika anak sudah berada di usia sekolah dasar (SD) perlu memiliki tabungan rencana haji.

"Saya berpikir bagaimana supaya anak-anak kita bisa naik haji sebelum 40 tahun. Apalagi kalau misalnya karena masa tunggu dan lain sebagainya jadi di usia 50 tahun itu kasian. Makanya yang sekarang sedang kami galakkan itu tabungan perencanaan haji," kata dia dalam wawancara eksklusif Danamon Syariah, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Danamon Syariah Bidik Penyaluran KPR Syariah Tembus Rp 1 Triliun pada 2024

Sebagai pembanding kata dia, di Malaysia bayi yang baru lahir sudah mulai dibuatkan tabungan perencanaan haji. Hal ini karena masa tunggu untuk haji di negara tersebut sangat lama.

Danamon Syariah telah memperkenalkan tabungan perencanaan haji itu ke santri di tingkat SD untuk membangun kesadaran menabung. Produk ini sudah meluncur 3-4 tahun yang lalu.

"Masak kamu bisa jajan sekian, tidak bisa menyisihkan sekian. Kalau itu mereka konsisten, sampai lulus kuliah atau menabung 15 tahun, setelah lulus bisa langsung daftar haji," terang dia.

Baca juga: Danamon Syariah Bidik Pertumbuhan Aset jadi Rp 15 Triliun pada 2024

Setelah itu, masyarakat masih harus menunggu sekitar 20 tahun agar dapat naik haji. Sehingga harapannya di umur 40 tahun sudah dapat naik haji.

"Dan berangkat haji di usia 40-50 itu yang ideal," imbuh dia.

Herry menerangkan, total nasabah dari produk tabungan ini baru berkisar antara 10 persen dari total nasabah Danamon Syariah.

Baca juga: Usai Caplok Bisnis Standard Chartered, Kredit Konsumer Bank Danamon Melesat

"Kami ingin orang itu mulai membuat perencanaannya dulu, nanti kalau mereka sudah kerja baru," tandas dia.

Sebagai informasi, tabungan rencana haji iB adalah abungan rencana menggunakan prinsip syariah bagi hasil (Mudharabah) dalam mata uang rupiah yang disediakan khusus untuk mewujudkan keinginan menunaikan ibadah haji.

Dana akan didebet setiap bulan melalui proses auto debet dari rekening sumber (source account) ke rekening Tabungan Rencana Haji iB dengan jumlah setoran dan jangka waktu sesuai pilihan.

Tabungan ini dapat dimiliki oleh masyarakat yang berusis 6-60 tahun dengan setoran awal Rp 100.000.

Baca juga: Usai Caplok Bisnis Standard Chartered, Kredit Konsumer Bank Danamon Melesat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com