Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Panjang Pandemi, Laba Bersih Mandala Finance Turun 35,78 Persen

Kompas.com - 23/04/2024, 15:23 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) mencatat penurunan laba bersih menjadi senilai Rp 422,91 miliar pada 2023. Jumlah tersebut turun 35,78 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 658,51 miliar.

Managing Director Mandala Finance Christel Lasmana mengatakan, penurunan laba ini masih dipengaruhi oleh efek pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

"Memang secara efek jangka panjang (yang terpengaruh) adalah kemampuan bayar dari konsumen kami. Segmen konsumen kami fokus ke ritel," kata dia dalam konferensi pers paparan kinerja tahun fiskal 2023, Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Akuisisi Mandala Finance oleh MUFG dan Adira Finance Diharapkan Rampung Semester I-2024

Ilustrasi kredit kendaraan bermotor, kredit motor.SHUTTERSTOCK/CHIRAPHAN Ilustrasi kredit kendaraan bermotor, kredit motor.

Ia menambahkan, memang mulai terlihat adanya pemulihan dan kebangkitan usaha mikro. Konsumen yang menjadi nasabah Mandala Finance juga mulai mengalami perbaikan usaha.

Namun demikian, pihaknya masih merasakan beberapa efek jangka panjang dari pandemi Covid-19 tersebut.

Untuk itu, Mandala Finance fokus untuk rebalancing portofolio pembiayaan. Adapun, perusahaan menggunakan sebagian biaya operasional untuk menanggulangi dan memperbaiki situasi tersebut.

Dalam kaitannya dengan itu, Mandala Finance juga terus menjada tingkat kredit bermasalah atau non performing financing (NPF).

Baca juga: Akuisisi Mandala Finance oleh MUFG dan Adira Finance Bakal Rampung Awal Tahun Ini

"Target NPF kami berada di bawah level industri. Di kuartal I-2024 ini NPF kami masih berada di level terjaga, di bawah rata-rata level industri, di 2,3 persen," imbuh dia.

Lebih lanjut, Christel menerangkan, pihaknya terus memantau kondisi makro dan kemampuan bayar konsumen secara nasional dan per wilayah.

Saat ini Mandala Finance memiliki rasio portofolio pembiayaan yang didominasi oleh pembiayaan kendaraan roda dua sebesar 99 persen dan refinancing. Adapun, pembiayaan motor baru mengambil porsi di atas 50 persen dari total pembiayaan roda dua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com