Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng TKDN, Pupuk Kaltim Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Armada

Kompas.com - 21/05/2024, 19:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen pupuk PT Pupuk Kalimantan Timur alias Pupuk Kaltim menjalin kerja sama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan armada antar jemput karyawan dan armada VIP melalui solusi TAM Fleet.

Kerja sama ini ditandai dengan kunjungan delegasi Pupuk Kaltim sekaligus meninjau Command Center yang ada di Kantor Pusat TKDN di Jakarta.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi karyawan kami, termasuk dalam hal keamanan dan keselamatan selama perjalanan. Oleh karena itu, kami memilih PT TKDN Tbk sebagai mitra untuk menyediakan solusi teknologi yang tepat bagi kebutuhan kami," ujar Nugroho Edy Yunianto, Staff Vice President Pupuk Kaltim dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024).

Baca juga: TKDN Dukung Dishub Sumut Wujudkan Smart Terminal dan Smart Command Center

Ilustrasi Pupuk Kaltim.SHUTTERSTOCK/T. SCHNEIDER Ilustrasi Pupuk Kaltim.

TKDN menyediakan solusi kamera preventif dari TAMFleet yang berupa perangkat telematik Smart Trip Advance 5.0 dan Copilot Rear.

Smart Trip Advance 5.0 adalah serangkaian sistem dan perangkat kamera on-board yang dapat merekam semua aktivitas di dalam dan di sekitar kendaraan secara real-time.

Adapun perangkat Copilot Rear adalah kamera dan sistem sensor yang dapat mendeteksi serta memberikan alarm peringatan kepada pengemudi jika kendaraan lain berada di area blind spot.

“Solusi TAM Fleet akan membantu kami untuk memantau perilaku pengemudi dan mendeteksi potensi bahaya di jalan raya,” ujar Erwin Setiawan, Assistant Vice President Transportasi dan Travel Pupuk Kaltim.

Baca juga: Dukung Efisiensi Energi dan Keberlanjutan, Pupuk Kaltim Revamping Pabrik Tertua

“Hal ini dapat membantu kami untuk mencegah kecelakaan dan meningkatkan keselamatan armada kami," imbuh dia.

Total armada milik Pupuk Kaltim yang dipasangi perangkat IoT dari TAMFleet adalah sebanyak 12 unit. Ke depannya, Pupuk Kaltim berencana untuk memasang perangkat ini pada seluruh armadanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com