Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Bebas Pilih Jasa Kirim, Pengguna Akui Puas Belanja di "E-commerce"

Kompas.com - 08/06/2024, 14:27 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Logistik menjadi salah satu pemain kunci dalam pertumbuhan perdagangan elektronik. Pemilik toko online Mikhayla Shoes, Uci (31), turut merasakan peran logistik dalam bisnis yang dijalankannya.

Uci pun mengaku terbantu dengan beragam pilihan jasa logistik yang tersedia di platform e-commerce Shopee.

Untuk diketahui, Mikhayla Shoes menjual sepatu dan sandal wanita. Brand ini pun berhasil mengantongi lebih dari 40.000 penilaian pelanggan.

Untuk mendukung bisnis yang dikelola, Uci sengaja menggunakan berbagai layanan ekspedisi, seperti Anteraja, Sicepat, JNE, JNT, SPX, dan ID Express. Tujuannya, untuk menjangkau pelanggan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: Kolaborasi dengan Shopee Dorong Anteraja Berkembang Pesat

“Sejak awal Mikhayla Shoes buka di marketplace Shopee, semua jasa kirim kami aktifkan. Kenapa semua diaktifkan? Karena ada beberapa daerah yang tidak terjangkau oleh beberapa ekspedisi tersebut," ujar Uci kepada Kompas.com, Sabtu (8/6/2024).

"Dengan begitu, bisa menjangkau pelanggan yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Pelanggan pun lebih leluasa dalam memilih jasa kirim yang ada di daerahnya,” lanjutnya.

Melalui pilihan layanan logistik, penjual dapat berfokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan jangkauan bisnis melalui strategi logistik yang efektif.

Di sisi lain, pembeli dapat memilih beragam layanan logistik yang cepat, aman, dan terjangkau, sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu faktor utama yang memengaruhi masyarakat dalam memilih layanan e-commerce adalah kelengkapan layanan logistik.

Baca juga: Shopee Raih Penghargaan Mitra Swasta Terbaik dari Pos Indonesia

Aspek logistik tersebut dapat terlihat dari pengalaman penjual dan pembeli yang menggunakan e-commerce secara rutin.

Uci menambahkan, kecepatan dan keandalan pengiriman merupakan faktor krusial karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi keluhan.

“Kami ingin memastikan pelanggan menerima produk mereka dengan cepat dan dalam kondisi baik. Hal inilah yang akhirnya meningkatkan ulasan positif dan reputasi Mikhayla Shoes,” ungkap Uci.

Pendapat yang sama datang dari Nendah (23), pemilik toko Dhinda Hijab yang baru-baru ini viral di TikTok karena kisah inspiratifnya membangun bisnis.

Baca juga: Simak 5 Tips Membuat Shopee Video agar Banyak yang Nonton

Nendah sendiri seringkali membuka layanan logistik instan atau same day delivery bagi pelanggan yang membutuhkan barang cepat sampai.

"Pelanggan saya sebagian besar kalangan ibu-ibu yang pesan hari ini mau pakai produk Dhinda Hijab di hari yang sama. Jadi, harus bisa cepat sampai. Oleh karena itu, saya perlu ikut layanan pengiriman instan supaya pelanggan enggak lama menunggu. Ya alhamdulillah, lewat Shopee cukup bebas untuk pilih jasa pengiriman," kata Nendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com