Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Keunggulannya Sukuk Tabungan, Investasi Menarik untuk Anda

Sebab setiap tahun, pemerintah membuka penawaran sukuk tabungan dengan bermacam seri. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman sering mengatakan bahwa investasi sukuk tabungan punya berbagai keunggulan.

Berikut 7 keunggulan investasi sukuk tabungan:

1. Kupon Mengambang

Sukuk tabungan memiliki imbal hasil atau kupon mengambang. Artinya, besaran imbalan sukuk akan disesuaikan dengan perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Namun lantaran nilai minimal kupon sudah ditentukan, maka kalaupun BI 7 Days Reverse Repo Rate turun, minimal imbal hasil yang didapatkan tak akan lebih kecil dari kupon minimal. Justru bila suku bunga acuan BI naik, maka imbal hasil bisa naik.

2. Tingkat Imbalan Kompetitif

Sukuk tabungan memiliki ingkat imbalan juga kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito di Bank BUMN. Imbalan itu juga dibayarkan setiap bulan.

3. Early Redemption

Meski tak bisa diperdagangkan hingga jatuh tempo, sukuk tabungan bisa dicairkan pada periode early redemption yang ditetapkan pemerintah. Pemerintah memastikan tidak ada biaya early redemption.

4. Dijamin Negara

Keuntungan sukuk tabungan pastinya pokok dan imbalan dijamin oleh negera. Sebab instrumen investasi ini ditawarkan oleh negera.

5. Online

Tidak perlu repot untuk investaai sukuk tabungan. Sebab ada kemudahan akses transaksi melalui sistem elektronik atau online. 

6. Pembangunan

Bagi Anda yang investasi sukuk tabungan, artinya sudah mendukung langsung pembangunan nasional. Sebab dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan nasional sesuai APBN.

7. Syariah

Seperti diketahui, sukuk merupakan surat utang syariah. Oleh karena itu pemerintah memastikan investasi sukuk tabungan merupakan instrumen investasi yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

https://money.kompas.com/read/2019/05/15/131510826/7-keunggulannya-sukuk-tabungan-investasi-menarik-untuk-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke