Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkunjung ke RI, Menteri Kelautan Perancis Soroti Isu Sampah Plastik

Girrardin menuturkan, isu sampah plastik di laut memang bukan barang baru, khususnya untuk Indonesia dan Prancis yang masih terus berjuang mengurangi keberadaan sampah plastik.

Isu sampah plastik yang belum selesai ini disebut Girrardin menjadi tantangan terbesar untuk Prancis dan Indonesia.

"Salah satu tantangan yang terbesar adalah membersihkan laut dari masalah sampah plastik. Masalah sampah plastik adalah masalah terbesar," kata Girrardin ketika berkunjung ke Kantor Balai Riset Sumber Daya Manusia KKP di Ancol, Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Ia mengakui, masalah sampah plastik adalah isu yang memerlukan komitmen antar negara, khususnya negara maritim seperti Indonesia. Untuk itu dia mengajak RI bekerja sama menyelesaikan masalah ini.

Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua dunia dan negara kepulauan yang besar. Girrardin merasa visi pemerintah RI dalam mengurangi sampah plastik sama dengan visi Perancis, sebuah negara yang juga memiliki ZEE luas.

Indonesia sendiri menargetkan mengurangi sampah plastik sampai 70 Persen pada tahun 2025.

"Oleh karena itu merupakan kewajiban Perancis dan Indonesia, untuk bersungguh-sungguh menyiapkan perbaikan sumber daya laut untuk mengupayakan perlindungan dan kelestarian laut," kata dia.


Sementara itu, Kepala BRSDM KKP Sjarief Widjaja menambahkan, kerja sama menurunkan sampah plastik memang menjadi konsen kementerian. Saat ini kata Sjarief, Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan pemerintah Perancis yang dilakukan antara IRD dan BRSDM.

Kerja sama dilakukan untuk pemantauan dan pemodelan sampah laut yang terinspirasi dari kepentingan bersama kedua negara dalam menemukan solusi praktis penanganan sampah laut.

"Kemudian kerja sama memungkinkan adanya riset dan peningkatan kapasitas terkait dampak penggunaan rumpon (Fish Aggregating Device) terhadap perikanan tuna," beber dia.

Lebih lanjut Sjarief mengungkap, RI sudah beberapa kali bekerja sama dengan pemerintah Perancis. Kerja sama dengan IRD sendiri terjalin sejak pertengahan tahun 2000, melakukan sejumlah penelitian bersama di bidang pakan ikan dan produksi perikanan.

Kemudian di bidang kelautan, melalui proyek INDESO pada tahun 2014, Indonesia dan Perancis juga melakukan penelitian dan pengembangan inovasi revolusioner pengamatan oceanography melalui fasilitas Stasiun pengamatan kebumian.

Dengan kemampuan downlink langsung data Radarsat 2 dan Cosmo Skymed, teknologi radar satellite Barata memungkinkan dilakukannya pemantauan penangkapan ikan secara real time, pengamatan arus laut, penanganan bencana ekologi akibat tumpahan minyak, hingga pemantauan kawasan pesisir untuk mengindentifikasi potensi lahan tambak di sepanjang pesisir.

"Namun, masih banyak yang harus dilakukan ke depan dan saya berharap untuk fase berikutnya kita dapat menekankan pada kebersamaan peneliti Indonesia dan Perancis dalam setiap tahapan project penelitian," pungkas Sjarief.

https://money.kompas.com/read/2021/06/10/150446626/berkunjung-ke-ri-menteri-kelautan-perancis-soroti-isu-sampah-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke