Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chatib Basri: Ekonomi RI Berada di Tengah "Perfect Storm" Tantangan Global

Hal itu lantaran saat ini perekonomian RI menghadapi tantangan perlambatan permintaan barang dari China. Sementara di ssi lain pasar barang global juga mengalami fragmentasi pasar.

Fragmentasi pasar di sini artinya, dalam situasi global yang tidak pasti banyak negara menerapkan restriksi atau pembatasan ekspor. Tujuannya, negara ingin memastikan kebutuhan domestik terpenuhi.

Misalnya, India melakukan pembatasan ekspor beras untuk mematikan pasokan dalam negeri terjaga.

Sebagai pemasok beras terbesar, hal ini membuat harga beras menjadi naik dan suplai beras mengalami gangguan.

"Restriksi ekspor mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir," ujar Chatib Basri dalam acara Bank BTPN Economic Outlook 2024, Rabu (22/11/2023).

Besarnya pengaruh ekonomi China ke Indonesia

Chatib Basri yang juga Ekonom dan Co Founder Creco Research Institute menambahkan soal besarnya pengaruh ekonomi China ke Indonesia, dan juga ASEAN.

Menurut Chatib, Pelemahan permintaan impor China yang melambat akan membuat permintaan ekspor dari Indonesia juga melambat.

"Satu persen perlambatan ekonomi di China, itu memiliki dampak perkiraannya sebesar 0,3 persen (untuk ekonomi Indonesia)," kata dia.

Sebagai gambaran, ekonomi China sempat melambat dari 5,2 persen menjadi 4,5 persen secara tahunan, atau sekitar 0,7 persen. Dengan begitu, perekonomian Indonesia juga akan terdampak kurang dari 0,3 persen.

(Tim Redaksi: Agustinus Rangga Respati, Erlangga Djumena)

https://money.kompas.com/read/2023/11/23/080000426/chatib-basri--ekonomi-ri-berada-di-tengah-perfect-storm-tantangan-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke